Masuk Top 10 Kota Terbaik Nasional, Pemko Payakumbuh Ikuti Penilaian Tahap III PPD Nasional 2022 dengan Mengusung Tema Inovasi School of Randang

463

padangexpo.com (Payakumbuh)

Saat ini, Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh sedang mengikuti penilaian tahap ke tiga terkait Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Nasional Tahun 2023.

Adapun penilain ini dikunjungi oleh Tim Penilai Utama, Tim Penilai Independen, dan Tim Penilai Teknis Tingkat Nasional selama 2 hari, dimulai dari tanggal 29 – 30 Maret 2023 lalu.

Terkait hal ini, Pemko Payakumbuh membawa dan mengusung inovasi School of Randang dalam mengikuti ajang bergengsi tahunan yang digelar oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional ini.

Pada saat hari pertama, Tim Penilai Independen Ir. Aryawan Soetiarso Poetro, Msi dan Ridwan Sutriadi, MT, Ph.D bersama Admin Muhammad Yusuf Zaky Amanullah, S.PWK itu mengunjugi Sentra IKM Kota Payakumbuh, Kampung Rendang, Kampung Jamur, Pelaku Usaha Makanan Ringan, Kawasan Batang Agam, Padang Mangateh, dan Rumah Potong Hewan Modern.

Dan selanjutnya untuk hari kedua, verifikasi dilakukan melalui mekanisme Focus Group Discussion (FGD) semua stakeholders pembangunan daerah. Diantaranya melakukan penilaian terhadap implementasi kebijakan, inovasi, dan program unggulan yang dikembangkan Pemerintah Kota Kota Payakumbuh.

Penjabat (Pj) Wali Kota Rida Ananda dalam hal ini menyampaikan ucapan terimakasih kepada Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas melalui tim penilai PPD yang telah memberikan kesempatan pada Kota Payakumbuh untuk mengikuti proses penilaian tahap ke III penghargaan pembangunan daerah tahun 2023.

Dalam hal ini, Rida Ananda menyampaikan,”Hal ini merupakan sebuah kebanggaan bagi Kota Payakumbuh, bahwa dari 14 kota yang mengikuti penilaian tahap ke II, alhamdulillah Kota Payakumbuh masuk top 10 kota terbaik nasional dan berhak mengikuti penilaian tahap akhir yaitu proses verifikasi lapangan yang dilaksanakan dari kemaren dan pelaksanaan FGD dengan stakeholders pembangunan Kota Payakumbuh yang dilaksanakan saat ini. Kami berharap proses penilaian tahap III ini dapat berjalan dengan baik dan lancar, dan semoga Kota Payakumbuh memperoleh hasil maksimal dalam penilaian PPD tahun 2023 ini,” ujarnya.

BACA JUGA :  Komitmen Melayani Masyarakat dengan Baik, Wali Kota Riza Falepi Resmikan Gedung Baru RSKIA Payakumbuh

Bersama seluruh Stakeholder dan unsur Pemerintahan Kota Payakumbuh beserta komponen Masyarakat, Kota Payakumbuh bertekad akan selalu menyempurnakan ikhtiar untuk mengoptimalkan capaian Pembangunan Kota Payakumbuh kedepannya.

Oleh sebab itu, Pj Rida Ananda mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh jajaran pemerintahan dan segenap masyarakat Kota Payakumbuh yang telah berpartisipasi aktif dalam menjalankan dan mendukung semua kinerja Pemerintah Kota Payakumbuh sehingga hasilnya dapat dilihat dan dirasakan bersama.

“Kepada tim penilai kami juga mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya, bahwa bagi kami momen penilaian PPD ini menjadi proses pembelajaran yang sangat berharga bagi Kota Payakumbuh. Apapun hasil penilaian ini, telah menjadi motivasi yang kuat bagi kami untuk melakukan yang lebih baik untuk Kota Payakumbuh di masa yang akan datang,” ujarnya.

Tim Penilai Independen Aryawan Soetiarso Poetro dalam kesempatan tersebut mengatakan hasil dari penilaian PPD ini nantinya akan diumumkan saat Musrenbangnas, dan diserahkan penghargaan kepada 3 kota terbaik.

Adapun komponen PPD ini ada tiga, yakni pencapaian, perencanaan, dan inovasi yang memiliki indikatornya masing-masing. Verifikasi lapangan ini dilakukan setelah sebelumnya kami melihat review dokumen perencanaan dan indepth interview.

Aryawan Soetiarso menjelaskan, “Bahwa verifikasi ini adalah tahap ketiga untuk melihat secara langsung apakah yang disampaikan sesuai lapangan,” terangnya.

Sedangkan Bobot penilaian untuk verifikasi ini yang paling besar yakni 45 persen, sementara itu penilaian dokumen 30 persen dan presentasi wawancara hanya 25 persen. Untuk indikator penilaian verifikasi ini mencakup 22 indikator yang meliputi 3 aspek, yaitu pencapaian pembangunan, pennyusunan dokumen RKPD, dan inovasi,” ujarnya mengakhiri. (Ken)