Selain Pastikan Kesiapan Pengamanan Libur Idul Fitri, Peninjauan Pospam Sebagai Bentuk Dukungan Pemkab dan Forkopimda Kepada Petugas

172

Padangexpo, Batusangkar -Dalam rangka kesiapan pengamanan selama libur hari raya Idul Fitri 1444 H, Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE, MM bersama Wakil Bupati Richi Aprian, Ketua DPRD H. Mulyadi Dt. Bungsu, Forkopimda Tanah Datar dan Kota Padang, Kepala OPD terkait, Kamis (20/4) tinjau beberapa pos pengamanan yang ada di wilayah Kabupaten Tanah Datar.

Di sela-sela kegiatan Bupati Eka Putra menjelaskan bahwa peninjauan ini dilakukan untuk mengecek kesiapan pengamanan selama libur hari raya Idul Fitri 1444 H.

Adapun Posko yang di tinjau oleh Bupati bersama rombongan diantaranya Pospam Ombilin, Pospam Tan Kayo di Batipuh Selatan dan Pospam Pasar Batusangkar.

“Rencananya kami juga akan meninjau Pospam yang ada di Air Terjun Lembah Anai dan juga Pospam Koto Baru, namun karena saat ini diberlakukan sistem lalu lintas One Way dijalur tersebut maka kita tidak jadi meninjau Pospam tersebut,” ujarnya.

Bupati Eka Putra juga mengatakan, selain melakukan pengecekan kesiapan pengamanan lebaran peninjauan ini juga sebagai wujud dukungan Pemerintah Daerah bersama Forkopimda terhadap seluruh petugas yang melakukan pengamanan dan pelayanan posko.

“Kehadiran kami ini sebagai bentuk dukungan kepada seluruh petugas yang melakukan pengamanan dan pelayanan, karena disaat yang lain bisa menikmati liburan tetapi personil pengamanan yang terdiri dari tim gabungan Polri, TNI, Dishub, Pol PP dan tenaga kesehatan tetap menjalankan tugasnya,” sampai Bupati.

Terkait dengan kesiapan dalam menyambut kedatangan perantau yang pulang basamo, Bupati Eka Putra menjelaskan pemerintah sudah menyiapkan sesuatunya. “Saya menghimbau kepada perantau yang membawa kendaraannya saat mudik untuk selalu waspada dan berhati-hati, taati peraturan lalu lintas dan seandainya lelah atau ngantuk silahkan untuk beristirahat terlebih dahulu,” pesannya.

BACA JUGA :  Eka Putra : Propemperda Harus Disusun Secara Terencana

Sementara Kapolres Tanah Datar AKBP Derry Indra menyampaikan untuk pengamanan selama libur hari raya Idul Fitri tahun ini jumlah personil yang dilibatkan sebanyak sepertiga dari jumlah anggota Polres.

“Kita melibatkan sebanyak 83 personil yang ditempatkan di Pos pengamanan selama 14 hari, terhitung dari H-7 sampai H+7 hari raya Idul Fitri,” terangnya.

Kapolres juga mengatakan selama ini belum ada kendala yang ditemui dilapangan, namun memang volume kendaraan sudah mengalami meningkat.

“Kita sudah mengantisipasi apabila terjadi kemacetan, kita ada tim urai apabila nanti terjadi kemacetan. Disitu kita akan lakukan kanalisasi dan pembatasan jalur kendaraan dari arah mana yang harus kita prioritaskan. Harapan kita masyarakat bisa mematuhi peraturan berlalu lintas dan menjaga keselamatan, ingat keluarga menunggu di rumah,” pungkasnya. (Dwi/pkp)