Tindakan Persekusi di Pessel, Bupati Rusma Yul Anwar : Caranya Tidak Manusiawi, Tangkap Warga yang Terlibat

605
Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar

padangexpo.com (Pesisir Selatan)

Persekusi yang terjadi terhadap dua wanita yang sempat ditelanjangi hingga dimandikan ke laut oleh beberapa warga di kawasan Pasir Putih Kambang, Kecamatan Lengayang, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) beberapa waktu lalu membuat heboh warga hingga netizen, terutama Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar, Kamis (13/4/2023).

Dalam hal ini, Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar menegaskan mengutuk secara tegas atas tindakan warganya yang melakukan persekusi tersebut.

Untuk itu, Rusma meminta aparat kepolisian mengusut tuntas kasusnya. Bupati menyebut, apa yang dilakukan warga tersebut tidak manusiawi.

Kepada Wartawan, Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar,”Cara hukuman yang dilakukan masyarakat setempat tidak wajar, tidak manusiawi dengan cara seperti itu,” katanya.

Menurutnya, warga mestinya paham bahwa masih ada aparat hukum yang bisa memproses apabila perempuan tersebut memang melakukan pelanggaran hukum.

“Kita kan ada punya aparat hukum, bisa kita proses secara hukum. Kita kan juga punya perangkat Ninik Mamak di nagari. Bisa kita kembali ke sana dulu,” ujarnya.

Dengan tegas Rusma mengatakan, tindakan warga yang main hakim sendiri itu tidak bisa ditolerir. Ia meminta pihak kepolisian segera mengusut tuntas kasus ini dan menangkap warga yang terlibat.

“Caranya ini sudah tidak bisa dibenarkan. Kami meminta pihak kepolisian bisa mengusut apa yang menjadi penyebab seperti yang diberitakan,” tegasnya. (d79/emi)

BACA JUGA :  Tangkap Pelaku Curanmor, Polsek Banuhampu Sungai Puar Polresta Bukittinggi Amankan Seorang Pria Berinisial IK