Peringatan Harkitnas Momentum Membangun Semangat Rakyat

285

Padangexpo, Limapuluh Kota-Peringatan Hari Kebangkitan Nasional tahun 2023 menjadi momentum membangun semangat rakyat Indonesia untuk bangkit pasca pandemi. Hal tersebut disampaikan Bupati Lima Puluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo selaku inspektur upacara saat membacakan sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia pada Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-115 yang digelar di halaman Kantor Bupati Lima Puluh Kota, Sarilamak, Senin (22/05/2023). Tahun ini, peringatan Harkitnas mengangkat tema “Semangat untuk Bangkit!”.

Upacara Harkitnas turut diikuti oleh jajaran unsur Forkopimda, para Asisten, Kepala Perangkat Daerah dan ASN lingkup Pemerintah kabupaten Lima Puluh Kota, TNI, POLRI, tokoh masyarakat, Mahasiswa dan pelajar.

Dalam sambutannya, Bupati Safaruddin mengatakan bahwa masyarakat patut bersyukur karena dunia telah melalui krisis pandemi COVID-19. “Selama 3 tahun terakhir, di tengah kekurangan, tantangan, dan masalah yang dihadapi bersama, barisan perjuangan rakyat Indonesia terbukti tetap erat dalam melaksanakan penanganan pandemi Covid-19 sekaligus untuk memulihkan perekonomian bangsa,” tutur Bupati.

Menilik sejarah, Hari Kebangkitan Nasional muncul dari lahirnya Boedi Utomo yang merupakan organisasi pergerakan rakyat pertama di Indonesia. Barisan persatuan yang dibentuk oleh Boedi Oetomo adalah suatu pemantik bagi kekuatan Indonesia dalam menghadapi berbagai tantangan di masa yang sulit, baik pada masa pra-kemerdekaan maupun pasca-kemerdekaan. “Di masa ini, di saat kemerdekaan telah kita raih, barisan perjuangan kita harus tetap rapat, erat, dan terus maju bergerak, mengobarkan api Semangat Untuk Bangkit ! demi mewujudkan Indonesia Emas 2045,” ujar Bupati.

Selanjutnya, Bupati mengajak seluruh hadirin untuk terus mempertahankan bara api semangat kebangkitan nasional sembari merapatkan barisan perjuangan dengan menunjukkan kerja keras, kerja cerdas, juga kerja bersama demi kemandirian dan kemajuan bangsa yang berkelanjutan. ”Kita juga ingin agar bara api semangat kebangkitan yang kita jaga saat ini dapat menjadi lentera penerang harapan sekaligus penunjuk jalan bagi perjuangan generasi penerus bangsa kelak,” pungkas Bupati Safaruddin.(Ken)

BACA JUGA :  Safaruddin: IBI Berperan Penting Wujudkan Pelayanan Kesehatan Berkualitas