Bertindak Sebagai Irup Peringatan Harlah Pancasila, Bupati Limapuluh Kota Bacakan Amanat Presiden RI

151

Padangexpo, Limapuluh Kota– Pancasila merupakan realitas objektif dengan legitimasi kuat baik secara filsafat, politis, historis maupun kultural. Dimana, pengalaman dari setiap nilai-nilai Pancasila perwujudan rasa cinta terhadap tanah air yang bisa membangun bangsa dan negara menjadi lebih baik. Hari Lahir Pancasila setiap tanggal 1 Juni memiliki makna bagi rakyat dan bangsa Indonesia. Tidak hanya menjunjung tinggi Pancasila sebagai dasar negara ataupun tujuan berbangsa, namun turut menjadikan Pancasila sebagai pegangan dalam kehidupan sehari-hari. Demikian rangkuman penyampaian Bupati Lima Puluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo selaku inspektur upacara saat membacakan sambutan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pada Peringatan Hari Lahir Pancasila 2023 yang digelar di halaman Kantor Bupati Lima Puluh Kota, Sarilamak, Kamis (01/06/2023). Tahun ini, peringatan Hari Lahir Pancasila mengangkat tema “Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global”, tema ini mencerminkan komitmen bersama terhadap gotong royong untuk membangun peradaban dan pertumbuhan global.

Upacara Hari Lahir Pancasila turut diikuti oleh Ketua DPRD Limapuluh Kota Deni Asra, jajaran unsur Forkopimda, Kepala Kemenag Limapuluh Kota Irwan, para Asisten, Kepala Perangkat Daerah dan ASN lingkup Pemerintah kabupaten Lima Puluh Kota, TNI, POLRI, tokoh masyarakat, Mahasiswa dan pelajar.

Bupati lebih lanjut menyampaikan, peringatan Hari Lahir Pancasila penting dan memiliki tempat khusus dalam sejarah Indonesia, karena Pancasila telah mendarah daging sebagai dasar negara Indonesia. “Pancasila bukan hanya sekadar ideologi, tetapi merupakan landasan yang kuat bagi negara kita dan menjadi pedoman dalam mengatur kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara”, tutur Bupati Safaruddin. Lebih lanjut disampaikannya, Hari Lahir Pancasila mengajarkan semua untuk senantiasa saling menghargai, memahami, dan mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, untuk itu Bupati mengajak masyarakat memperkuat semangat persatuan dan kesatuan bangsa, serta memupuk rasa cinta tanah air. “Saya ingin mengajak seluruh Komponen bangsa untuk bersama-sama mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan keseharian. Semoga melalui peringatan hari lahir Pancasila, Tanggal 1 Juni 2023 dapat lebih meningkatkan kinerja, membuat prestasi dan terobosan, dan menumbuhkan pembaruan di tahun 2023 dan tahun-tahun yang akan datang,” pungkas Bupati Safaruddin. (Ken)

BACA JUGA :  Safaruddin: Mutasi Bentuk Perputaran Organisasi