Buka Jambore PKK se- Kabupaten Solsel, Khairunas: Kader Berperan Penting Menyampaikan dan Mensosialisasikan 10 Program Pokok PKK

258

padangexpo.com (Solok Selatan)

Jambore Kader PKK Berprestasi Tingkat Kabupaten Solok Selatan secara resmi dibuka oleh Bupati Solok Selatan H Khairunas di Lapangan Bola Luak Kapau Pauh Duo Kecamatan Pauh Duo, Kamis (22/06/2023).

Jambore PKK yang diikuti oleh kader PKK kecamatan dan nagari se-Solok Selatan ini mengemban tugas penting. Salah satunya adalah mengupayakan pemberdayaan dan memajukan keluarga melalui 10 program Pokok PKK.

Bupati Solsel H Khairunas mengatakan kader PKK berperan menyampaikan dan mensosialisasikan kepada masyarakat terkait 10 program pokok PKK.

Dihadapan pengurus dan kader PKK, Khairunas berpesan agar selalu aktif menjalankan program-program yang bersentuhan langsung dengan pemberdayaan masyarakat. Terutama dalam upaya pencegahan dan pengentasan stunting di wilayah kerja masing-masing.

Kesempatan tersebut Khairunas juga mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada panitia, baik dari OPD, pengurus Tim Penggerak PKK Kabupaten hingga Nagari, Kelompok Dasawisma serta masyarakat yang telah berperan aktif dan berkontribusi dalam mendukung selama pelaksanaan berlangsung.

“Melalui jambore PKK hendaknya dijadikan sarana edukasi, sosialisasi dan sharing informasi antar pengurus PKK. Yang paling penting adalah bagaimana kita semua mengerti dan memahami program dan kegiatan PKK, yaitu sebagai Gerakan masyarakat untuk pemberdayaan keluarga,” pungkasnya.

Sementara Ketua TP PKK Solok Selatan, Ny Erniati Khairunas mengatakan kader PKK baik ditingkat kabupaten, kecamatan, hingga tingkat nagari adalah penentu keberhasilan 10 program pokok PKK ditengah-tengah masyarakat.

Selain itu, kegiatan jambore kader PKK berprestasi adalah upaya untuk memonitoring sekaligus mengevaluasi pemahaman pengurus kader dalam penerapan 10 program pokok PKK.

“Jambore PKK adalah wadah memperkuat silaturrahmi, berbagi pengalaman antara sesama kader. Jambore kali ini juga sangat istimewa karena pertama kali sejak terhentinya akibat Covid-19 di Solsel,” terang Erniati.

BACA JUGA :  Bupati Solsel Temui Menpora, Salah Satu Upaya Geliatkan Pembangunan Sarana Olahraga

Jambore PKK ini mengangkat tema “Jambore Kader PKK Berprestasi Tingkat Kabupaten Solok Selatan Tahun 2023, kita tingkatan Peran Kader PKK dalam pembangunan Untuk Mewujudkan Solok Selatan Maju dan Sejahtera”.

Selama jambore ini, ada 6 lomba yang diikuti oleh kader PKK, diantaranya yel yel devile, ekspose Ketua TP PKK Nagari, penyuluhan PAAREDI, cerdas cermat, memasak dessert, vlog Pokja IV dan juga tambahan outbond kepada peserta jamboree.

Pemerintah Kabupaten Solok Selatan turut menghadirkan beberapa pelayanan perangkat daerah. Diantaranya pelayanan kependudukan, perizinan, pemeriksaan kesehatan, pelayanan KB, pelayanan oleh BPJS Kesehatan, program tukar sampah dan lainnya yang bisa dinikmati oleh masyarakat.

Dalam pembukaan jambore PKK ini juga dihadiri Wakil Bupati H Yulian Efi, Asisten, Staf Ahli, Wakil Ketua TP PKK, Ny. Bet Yulian Efi, Ketua IKA DPRD, Ketua DWP dan jajaran Kepala OPD serta pendukung acara. ( CSR )