Jangan Jadikan Perbedaan Pelaksanaan Shalat Idul Adha 1444H Sebagai Awal Perpecahan

253

Padangexpo, Batusangjar -Tidak jauh berbeda pelaksanaan sehari sebelumnya, ribuan masyarakat Tanah Datar memadati Lapangan Cindua Mato (LCM) Batusangkar guna melaksanakan salat Idul Adha 1444 Hijriyah, Kamis (29/6).

Seperti disampaikan Bupati Tanah Datar Eka Putra, Pemerintah Daerah bersama pantia Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) Tanah Datar akan memfasilitasi pelaksanaan salat Idul Adha di dua hari pelaksanaannya di LCM Batusangkar.

“Perbedaan pelaksanaan salat Idul Adha janganlah dijadikan awal perpecahan, namun mari jadikan pelaksanaan ibadah ini untuk meningkatkan keimanan kita kepada Allah SWT, apalagi dalam hari raya ini dilaksanakan pemotongan hewan kurban sebagai bentuk kepedulian dan berbagi bersama saudara kita yang kurang mampu,” katanya.

Dikatakan Bupati lagi, Idul Adha memiliki momentum penting untuk melukiskan keagungan dan kebesaran Islam dalam spontanitas kesatuan umat muslim dimana di saat yang sama jutaan umat Islam melaksanakan ibadah haji di Makkah Al Mukaromah.

“Sebanyak 337 jemaah haji asal Tanah Datar saat sedang melaksanakan ibadah haji di Mekkah, alhamdulillah semua dalam keadaan sehat, semoga nantinya saat kembali ke kampung halaman menjadi haji yang mabrur,” ujar Eka Putra.

Di kesempatan itu Eka Putra juga menyampaikan harapannya kepada masyarakat Tanah Datar untuk terus mendukung Program Pembangunan yang dilaksanakan serta berpesan untuk tidak percaya hoax yang semakin banyak beredar dalam menyambut Pemilu dan Pilkada 2024 mendatang.

“Berbagai Program Unggulan telah kita laksanakan, tentunya tanpa dukungan kita semua tidak akan bisa berjalan baik dan sukses. Begitu juga menyambut Pemilu dan Pilkada, diharapkan masyarakat bijak dalam menyikapi informasi yang beredar, jangan sampai terkena berita bohong atau hoaks,” pesannya.

Terakhir Bupati juga menyampaikan Selamat Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriyah dan ucapan terima kasih serta apresiasi kepada segenap pihak, seperti panitia PHBI, Polri, Satpol PP, dinas Perhubungan, kesehatan dan pihak lainnya sehingga pelaksanaan salat Idul Adha dapat berjalan aman, nyaman dan terkendali.

BACA JUGA :  Bupati Eka Putra Tandatangani Deklarasi Serta Komitmen Bersama Melawan Narkoba dan Pekat

Sebelumnya Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian yang juga ketua PHBI Tanah Datar menyampaikan terima kasih kepada segenap pihak, sehingga pelaksanaan salat Idul Adha di dua hari bisa terlaksana dengan baik.

“Alhamdulillah, berkat dukungan kita semua salat pagi ini bisa berjalan dengan baik, Insya Allah nanti bertindak khatib kepala Kemenag Tanah Datar Ustaz Amril dan menjadi imam ustaz Muhammad Irsyad,” sampainya.

Seperti kemarin, Wabup Richi juga melaporkan kondisi keuangan PHBI Tanah Datar, ditambah dengan beberapa lokasi masjid dan musala sekitaran kota Batusangkar yang melaksanakan kurban.

“Pelaksanaan ibadah kurban ada di Masjid Ihsan sebanyak 5 ekor sapi, Masjid Taqwa 6 ekor sapi, Masjid Raya lantai batu 11 ekor sapi, Masjid Huriah 9 ekor sapi, Masjid Muhammadiyah 3 ekor sapi dan 2 ekor kambing, Masjid Amalia 6 ekor sapi dan satu ekor kambing, Musala Ikhlas Kemenag 6 ekor sapi 4 ekor sapi, Musala Rahmatullah 3 ekor sapi, Musala Ubudiyah 5 ekor sapi, Musala Aisyiyah 2 ekor sapi, Surau dagang 4 ekor sapi, Musala Istiqomah 2 ekor sapi, Musala Nurul Yaqin 9 ekor sapi dan 2 ekor kambing serta musala Nur Ilahi 5 ekor sapi,” sampainya.

Terakhir Wabup Richi juga menyampaikan Selamat Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriyah, semoga amal ibadah diterima Allah SWT dan ditempatkan dalam keadaan terbaik-Nya. (Dwi)