Keberadaan Satkamling Menjadi Representasi Seluruh Masyarakat Dalam Menjaga Lingkungan

281

Padangexpo, Padang Aro – Pemerintah Kabupaten Solok Selatan akan mendorong pengaktifkan kembali Satuan Keamanan Lingkungan (Satkamling) di seluruh jorong. Sebab keberadaan Satkamling ini menjadi representasi dari seluruh masyarakat dalam menjaga keamanan lingkungannya, terutama saat ini akan memasuki masa Pemilihan Umum yang akan jatuh pada tahun depan.

Bupati Solok Selatan H. Khairunas mengatakan dibutuhkan kolaborasi seluruh masyarakat, pemerintah, bahkan Forkopimda dalam menjaga keamanan. Termasuk juga bagaimana ke depan kita melakukan edukasi kepada masyarakat.

“Pemerintah kabupaten berkomitmen setiap jorong yang ada harus memiliki Satkamling. Kita harapkan kolaborasi seluruh pihak yang ada, baik di pemerintah kabupaten bersama dengan Forkopimda mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga keamanan,” kata Khairunas usai Apel Satkamling Tahun 2023 di Halaman Kantor Bupati Solok Selatan, Rabu (21/6/2023).

Bupati juga berbangga dengan prestasi yang diperoleh oleh Satkamling di Jorong Ampalu, Nagari Alam Pauh Duo, Kecamatan Pauh Duo yang berhasil mendapatkan posisi lima besar se-Indonesia dalam lomba Satkamling dalam rangka HUT Bhayangkara Ke 77 Tahun 2023.

Lebih lanjut, Kapolres Solok Selatan AKBP Arief Mukti Adhi Sabhara mengapresiasi dukungan dari pemerintah kabupaten dalam mendorong aktifnya Satkamling. Terlebih saat ini hanya 24 Satkamling saja yang aktif di seluruh Solok Selatan.

“Ke depan diharapkan setiap jorong sudah ada Satkamling tapi perlu ditingkatkan dan diaktifkan kembali. Data dari jorong hanya ada 24 Satkamling yang aktif. Diharapkan ke depan masing-masing jorong ada struktur keanggotaan sehingga bisa menjaga situasi kamtibmas dalam Pemilu 2024,” kata Arief di kesempatan yang sama.

Menurutnya, Satkamling memiliki peran dalam menjaga keamanan dan keterbiban lingkungan. Sehingga ke depan peran Satkamling ini bisa menjadi cooling system di lingkungannya masing-masing.

BACA JUGA :  Pemkab Solsel Gelar Pelatihan Laik Higiene Sanitasi Bagi Pemilik Depot Air Minum

Apel ini juga diikuti oleh Dandim 0309 Solok, Asisten dan Staf Ahli, Kepala OPD dan Camat, seluruh Wali Nagari se-Solok Selatan, dan lain sebagainya. ( CSR )