Peletakan Batu Pertama Oleh Bupati, Tandai Dimulainya Pembangunan Mesjid Sirah

167

Padangexpo,Agam -Bupati Agam Dr. H. Andriwarman, MM, lakukan peletakan batu pertama pertanda dimulainya pembangunan Mesjid Sirah di Muaro Mati Pasie Tiku Kec Tanjung Mutiara, Selasa (27/6)

Kegiatan yang di pusatkan di halaman SMK 1 Tanjung Mutiara Pasie Tiku, dihadiri oleh Anggota DPRD Prov Sumbar Lazuardi Erman, SH, Kajari Agam Burhan, SH,MH, Kepala OPD, Direktur Bank Nagari Camat se Kab Agam, Walinagari se Kec Tanjung Mutiara serta tokoh masyarakat Tanjung Mutiara.

Menurut Sekretaris Daerah, Drs. Edi Busti, M.Si dalam sambutannya mengatakan bahwa pembangunan Mesjid Sirah ini adalah untuk mewujudkan Program Unggulan (Progul) Bupati Agam, sebagaimana yang telah di programkan di awal kepemimpinan Bupati Agam.

Pembangunan Mesjid Sirah ini dimulai pelaksanaannya, dengan penyerahan tanah oleh masyarakat dan sampai dengan proses tender, dimana rekanan yang mengerjakan proyek senilai Rp. 10,8 M ini adalah CV GRAHA CIPTA, sementara anggaran nya berada pada DPA Dinas PUTR Kab Agam, “ungkap Sekda.

“Pada tahap awal ini pembangunan Mesjid Sirah meliputi, bangunan mesjid, tempat berwudhu dan halaman mesjid serta parkir, dan diperkirakan pembangunannya tuntas pada tahun 2025 dengan menelan biaya keseluruhan sebesar Rp.60 M, “jelasnya.

Lebih lanjut Edi Busti menyatakan bahwa pembangunan Mesjid Sirah ini merupakan kegiatan yang cukup strategis dan kegiatan Mercusuar yang merupakan awal pengembangan destinasi wisata religius di Kab Agam.

Sementara itu Andriwarman Bupati Agam dalam sambutanya menyampaikan ucapan terima kasih kepada masyarakat Tanjung Mutiara khususnya Pasie Tiku yang telah menyerahkan tanahnya untuk pembangunan Mesjid Sirah sebagai sarana ibadah bagi masyarakat.

“Diperkirakan tahun 2024 Mesjid Sirah ini sudah bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk beribadah dan setelah tuntas pembangunannya pada tahun 2025 akan dijadikan sebagai icon Kab Agam, “pintanya.

BACA JUGA :  Dalam Rangka Memperingati HKN ke 58, Kadinkes Agam Hendri Rusdian Buka Kegiatan Olahraga dan Kegiatan Lainnya

“Dinamakan Mesjid Sirah karena kubah mesjid ini bewarna Merah yang merupakan ciri khas masyarakat Kab Agam dan diharapkan Mesjid Sirah ini menjadi salah satu destinasi wisata baru di Kab Agam, “jelas Bupati.

Pembangunan Mesjid Sirah merupakan satu dari tiga Progul Bupati Agam terpilih, yang mana pelaksanaannya sempat tertunda karena adanya pandemi Covid19, secara bertahap dengan sudah terkendalinya Covid19 dan dicabutnya status pandemi, maka program-program yang sudah kita rencanakan akan kita realisasikan, “terang Bupati. (99-HR)