SMPN 2 Batusangkar Raih Penghargaan Adiwiyata 2023

307

Padangexpo, Batusangkar-Kepala Sekolah SMPN 2 Batusangkar H.Mukhlis, S. Pd menerimah penghargaan Adiwiyata yang diserahkan Gubernur Sumbar diwakili Kadis Lingkungan Hidup (LH) Provinsi Sumbar Asben Hendri pada peringatan hari lingkungan hidup Sedunia Tahun 2023, Rabu (21/06) di lapangan Bola Kaki Pelita Nagari Guguek Malalo kecamatan Batipuh Selatan.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala OPD Sumbar, sekretaris Daerah Tanah Datar Iqbal Rama Dipayana, Kepala OPD, Kadis LH Novi Hendri, Perwakilan Perusahaan, Camat, Walinagari, Ketua KAN, tokoh masyarakat, peserta Penerima penghargaan dan tamu undangan lainnya.

Dalam peringatan hari sampah sedunia tersebut ada dua sekolah dari Tanah Datar yang mendapat penghargaan Adiwiyata, SMP Negeri 2 Batusangkar dan SMP Negeri 1 Tanjung Emas.

Dalam kesempatan tersebut gubernur Sumbar diwakili Kadis LH Asben Hendri mengatakan bahwa pada peringatan hari lingkungan hidup sedunia tingkat propinsi Sumatra Barat memberikan penghargaan dalam empat kategori.

“Dalam peringatan hari lingkungan sedunia tahun 2023 pemerintah propinsi sumatra Barat sudah memggelar rangkaian kegiatan dimulai tanggal 15 juni 2023 dan puncak kegiatan pada hari ini tanggal 21 juni 2023 dengan memberikan penghargaan dengan Empat kategori yaitu, Nagari Minim sampah, Proper Nasional, Proper daerah dan Adiwiyata,” ujarnya.

Sementara itu Kepala sekolah SMP Negeri 2 Batusangkar Mukhlis seusai menerima penghargaan Adiwiyata yang diserahkan Kadis LH Sumbar Asben didampingi Sekda Iqbal Rama Dipayana mengatakan akan lebih meningkatkan lagi kegiatan tersebut bahkan siap untuk mengikuti even ditingkat nasional.

“Alhamdulillah Pada hari ini kami hadir disini untuk menerimah penghargaan sebagai sekolah penerimah Adiwiyata dari Bapak gubernur dalam acara peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tingkat Propinsi Sumatra Barat,” ujarnya.

Lebih lanjut Mukhlis mengatakan dari 14 sekolah yang mendaftar cuma dua sekolah yang dinyatakan lolos yaitu SMPN 2 Batusangkar salah satunya, untuk itu menurut Mukhlis penghargaan tersebut merupakan sebuah lecutan baginya untuk lebih meningkatkan lagi kegiatan kebersihan lingkungan sekolah agar minim sampah.

BACA JUGA :  Tak Hanya Latih Sikap Disiplin, Didikan Subuh Juga Wadah Memupuk Silaturahmi

“Semoga dengan diterimanya penghargaan Adiwiyata ini kawan kawan di sekolah dan murid memahami prinsip tentang lingkungan hidup bagaimana mengolah sampah, menjaga hidup sehat dan tahun depan insyaallah kami mencoba maju ke tingkat nasional untuk itu kami mohon doa nya,” pungkas Mukhlis Kepala SMPN 2 Batusangkar. (Dwi)