Syafril Jamal: Berikan Nomor Satu ke Nagari Lain, Yang Terbaik Tetap Padang Magek

182

Padangexpo, Tanah Datar -Pelaksanaan satu event satu nagari yang bertemakan Pesona1000 Baju Milik yang merupakan pakaian adat kaum perempuan di Nagari Padang Magek Kecamatan Rambatan mewarnai pelaksanaan Program Unggulan Satu Nagari Satu Event Kabupaten Tanah Datar, Senin (19/6) di lapangan dekat kantor Wali nagari setempat, sungguh luar biasa.

Baju Milik itu terdiri dari tangkuluak, baju hitam, rok hitam, selendang, ikat pinggang serta kambuik bajaik. Pakaian adat ini mempunyai filosofi dan melambangkan adat basandi syarak, syarak basandi Kitabullah dan mencerminkan adat nan indak lakang dek paneh dan indak lapuak dek hujan.

Wali Nagari Padang Magek Syafril Jamal mengatakan, pagelaran seni dan budaya yang bertemakan “Pesona 1000 Baju Milik Padang Magek” dilaksanakan mendukung Program Unggulan (Progul) Satu Nagari Satu Event Kabupaten Tanah Datar.

“Baju Milik adalah pakaian adat khas hanya ada dan dipakai masyarakat Nagari Padang Magek saat aktifitas adat dan kegiatan kemasyarakatan seperti acara baralek atau pernikahan, Batagak pangulu hingga menanti tamu. Budaya inilah kita coba angkat dalam kegiatan Satu Nagari Satu Event ini,” sampainya.

Syafril menambahkan, kegiatan yang dilaksanakan selama 3 hari ke depan juga akan diwarnai dengan berbagai pertunjukan kesenian anak nagari, seperti tari baju milik, randai, pawai manampuah simuntu, serta diwarnai dengan pasar kuliner dan juga dengan dendang berhadiah atau KIM.

“Dukungan masyarakat, perantau dan tokoh lainnya sangat besar terhadap pelaksanaan kegiatan ini, semoga kegiatan ini dapat terlaksana kembali tahun depan, karena memang manfaatnya tidak hanya menjadi ajang silaturahmi namun juga melestarikan kebudayaan yang ada serta meningkatkan perekonomian masyarakat melalui UMKM-nya,” katanya.

Terakhir sambungnya, berikanlah nomor satu ke nagari lain, tapi yang terbaik tetap Padang Magek.

BACA JUGA :  Eka Putra : Belajar Salah Satu Langkah Utama Mencapai Kesuksesan

“Bagi kami, berikanlah nomor satu ke Nagari-nagari lain, tapi yang terbaik berikan pada kami untuk satu event satu nagari ini,” tutup Syafril Jamal. (Dwi)