Cuaca Tak Menentu, Beberapa Warga Tanjuang Pauah Positif DBD

257

Padangexpo,Payakumbuh – Akibat cuaca yang tidak menentu beberapa hari terakhir ini, mengakibatkan ada beberapa warga Kelurahan Tanjuang Pauah yang positif menderita Demam Berdarah Dengue (DBD).

Menyikapi hal tersebut, Lurah Kelurahan Tanjuang Pauh Kecamatan Payakumbuh Barat, Suci Amalia Putri S.STP bersama dr. Fauziarty dan Muhammad Irfan dari Sanitasi Puskesmas Ibuh melaksankan sosialisasi kepada masyarakat.

“Iya, ada masyarakat kita yang positif DBD. Makanya kita ambil langkah cepat dengan mensosialisasikannya kepada masyarakat. Kebetulan masyarakat kita ramai hari ini mengikuti Pos Pembinaan Terpadu (POSBINDU) dan sekalian rakor dengan bulanan dengan RT/RW,” kata Lurah Tanjuang Pauah Suci Amalia Putri .S.STP di kantornya, Rabu (26/07/2023).

“Kita langsung undang dokter dan bagian sanitasi dari Puskesmas Ibuh untuk memberikan pemahaman terkait bahaya dan cara mencegah DBD ini,” tambahnya.

Selain itu, Suci menyebut, kegiatan Posbindu ini rutin dilaksankan di kelurahanya, guna monitoring dan deteksi dini faktor resiko penyakit tidak menular terintegrasi.

“Kegiatan ini rutin kita lakukan, hari ini bersama Pustu Tanjuang Pauah kita melakukan cek gula darah untuk masyarakat kita,” tutupnya.

Sementara itu, dr. Fauziarty dari Puskesmas Ibuh menjelaskan kepada masyarakat apa itu DBD, kiat-kiat dalam mencegah terjadinya penularan serta gejala yang dirasakan apabila terkena DBD.

“Harapan kita dengan pencegahan lebih awal, dapat mecegah perkembangan virus DBD di lingkungan kita,” pungkasnya. (Ken)

BACA JUGA :  Rapat Paripurna DPRD, Wako Payakumbuh Sampaikan KUA-PPAS