Jambore Nasional Pramuka Anak dan Rakernas LKSA Panti Sosial Asuhan Anak se Indonesia Digelar di Kota Bukittinggi

171

padangexpo.com (Bukittinggi)

Jambore Nasional Pramuka Anak dan Rakernas ke-1 Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Panti Sosial Asuhan Anak se Indonesia, digelar di Kota Bukittinggi.

Kegiatan yang akan dilaksanakan selama 4 hari di Kota Bukittinggi. dari tanggal 22-25 Juli 2023 ini dibuka secara resmi Ketua TP PKK Sumbar, di Lapangan Wirabraja, Minggu, (23/07-23).

Ketua Pelaksana, Muchlis Syu’ib, menjelaskan, Pelaksanaan Jambore Nasional Pramuka Anak PSAA-LKSA se-Indonesia ini, merupakan kolaborasi antara Fornas LKSA, Dinas Sosial Provinsi Sumatera Barat, Dinas Sosial Kota Bukittinggi dengan merangkul berbagai unit kerja dan unsur terkait baik di tingkat Provinsi maupun Kabupaten/Kota.

Jambore diikuti oleh para anak panti asuhan dari berbagai daerah di Indonesia sebanyak 1.000 orang. Sementara untuk kegiatan rakernas diikuti oleh perwakilan para pengurus pusat, wilayah dan daerah LKSA PSAA se-Indonesia yang jumlahnya lebih kurang 300 orang, “Kegiatan yang dilaksanakan selama 4 hari  ini, diisi dengan perlombaan kemampuan para anak untuk berbagai hal, seperti Hafalan-hafalan Al Quran, Lomba Pidato, Pramuka, dan karya seni dan ada kegiatan kunjungan ke beberapa tempat bersejarah di sekitar Kota Bukittinggi. ” jelas Muchlis Syu’ib.

Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar, menyampaikan terima kasih telah memilih Kota Bukittinggi sebagai tuan rumah pelaksanaan Jambore Nasional pramuka anak dan peringatan hari anak nasional ini.

“Anak-anak yang ikut dalam kegiatan ini, merupakan penerus masa depan bangsa. Kita sebagai orang tua dan pendidik, tentu harus bersama sama juga memberikan ilmu yang terbaik untuk mereka, ” ujar Erman Safar.

Ketua TP PKK Sumbar, Ny. Harneli Mahyeldi, mengajak.semua pihak, untuk dapat menyukseskan kegiatan skala nasional ini.

“Jambore Nasional ini, sejalan dengan upaya Pemprov Sumbar untuk meningkatkan angka kunjungan wisata ke Sumbar. Sejalan dengan tagline “Visit Beautiful West Sumatera 2023,” kata Harneli Mahyeld.

BACA JUGA :  Disparpora Kota Bukittinggi Laksanakan Sosialisasi Pedoman Penerapan CHSE (Clean, Health, Safety and Environtment Sustainability)

Ketua Fornas LKSA – PSAA Pusat, Zairullah Azhar, menyampaikan, Jambore Nasional Pramuka Anak PSAA-LKSA se-Indonesia tahun 2023 adalah pertemuan besar Pramuka anak PSAA-LKSA sebagai sarana pembinaan bersifat rekreatif dan edukatif di alam terbuka.

Dikemas dalam suatu perkemahan dengan menitik-beratkan pada kegiatan persaudaraan, kerukunan, perdamaian, dan nilai nilai karakter yang religius,”ujar Zairullah Azhar. (fadhil)