Peduli Korban Longsor Salingka Danau Maninjau, IDAI Cabang Sumbar Serahkan Bantuan

289

Padangexpo, Agam -Pasca bencana tanah longsor yang melanda beberapa Nagari di Salingka Danau Maninjau Kec Tanjung Raya Kab Agam, seminggu yang lalu sungguh mendapat perhatian dari berbagai daerah, lembaga, komunitas dan berbagai organisasi profesi.

Salah satu organisasi profesi kesehatan yaitu Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Cabang Sumbar yg bekerjasama dengan RSUP Dr. M. Djamil Padang turut memberikan perhatian kepada masyarakat salingka danau Maninjau yang tengah dilanda bencana tanah longsor dengan melakukan pengabdian masyarakat berupa Pelayanan Kesehatan dan memberikan bantuan kebutuhan harian bagi masyarakat.

Menurut koordinator lapangan IDAI Cabang Sumbar dr Poby Karmendra mengatakan bahwa sebelum melakukan pengabdian masyarakat, TIM IDAI Sumbar terlebih dahulu berkunjung ke Posko Bencana Kab Agam untuk menyerahkan bantuan berupa kebutuhan harian masyarakat sercara simbolis yang diterima oleh dr. Hendri Rusdian, M.Kes yang bertindak selaku Perwira Piket posko yang juga merupakan Kepala Dinas Kesehatan Kab Agam.

dr. Poby mengatakan dengan kekuatan 16 orang dokter spesialis anak dan 2 orang tenaga ahli psikologi IDAI Cabang Sumbar akan melakukan pelayanan kesehatan pada 2 tempat di Nagari Tanjung Sani yaitu pada SD 26 dan SD 29 Sigiran pada Minggu 23 Juli.

Adapun pelayanan kesehatan yang diberikan kepada masyarakat, terutama kepada anak-anak berupa pemeriksaan (skrining) kesehatan, pengobatan, penyuluhan (edukasi) kesehatan pasca bencana serta konsultasi pasca bencana berupa trauma healing, “jelas Poby.

Kepala Dinas Kesehatan dr. Hendri Rusdian, M.Kes, atas nama pemerintahan Kab Agam menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih Kepada IDAI Cabang Sumbar yang telah memberikan perhatian serta kepedulian kepada masyarakat salingka Danau Maninjau atas musibah bencana alam yang tengah melanda ini dengan menyerahkan bantuan dan melakukan pengabdian masyarakat, semoga kegiatan sosial ini bermanfaat bagi masyarakat dan masyarakat segera pulih dan dapat menjalani kehidupan normal kembali.
(99-HR)

BACA JUGA :  Dinas Dalduk KB PP & PA Agam Bersama Kader Pendata PK 2021 Lakukan Pendataan di Rumdin Bupati Agam