Reuni SMA Negeri Padang Panjang A-85 Malapeh Taragak Bakumpua Basulaturahmi Bagurau Basamo (Tidak Ada Yang Sulit Kalau Kita Solid

365

Padangexpo, Padang Panjang-Reuni ini adalah wadah untuk merekatkan kembali persahabatan yang sempat putus. Selain itu, Reuni juga sebagai ajang untuk silaturrahim, yang mana silaturrahim ini sangat dianjurkan oleh agama.

Dalam sebuah hadits dijelaskan :

عَنِ ابْنِ شِهَابٍ قَالَ أَخْبَرَنِى أَنَسُ بْنُ مَالِكِ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَنْ أَحَبُّ أَنْ يُبْسَطَ لَهُ فِي رِزْقِهِ، وَيُنْسَأَ لَهُ فِي أَثَرِهِ، فَلْيَصِلْ رَحِمَهُ.

Dari Ibnu Syihab dia berkata; telah mengabarkan kepadaku Anas bin Malik bahwa Rasulullah saw bersabda: Barangsiapa ingin lapangkan pintu rezeki untuknya dan dipanjangkan umurnya hendaknya ia menyambung hubungan kekerabatan atau silaturrahim. (H. R. Bukhari no. 5987 dan Muslim no. 6688).

Sebelum melakukan kegiatan lainnya SMA Negeri A-85 melaksanakan tausiyah lebih dulu oleh ustadz Asyam Hafizh LC di mesjid yang ada di dalam lokasi SMA Negeri A-85 tersebut, dengan tema tausiyahnya, Persiapan menghadapi kematian, apakah kita mau meninggal dalam keadaan senyum/husnul khotimah.

Silahkan di cek list dan persiapkan siapkan hal sbb :
1. Melunasi /selesaikan semua hutang ke pada semua yg pernah berhutang.
2. jangan pernah melalaikan apalagi meninggalkan shalat. Utamakan shalat berjamaah di Masjid terutama untuk laki-laki.
Shalat berjamaah pahalanya 27x, sedangkan di Masjidil haram pahalanya 100rbx,
3. cari tambah ilmu agama dan ilmu pengetahuan lainnya, hadiri majelis taklim..”beribadah dengan ilmu sampai ajal menjemput”
Ilmu fiqih, tahsin, tafsir,
4. Sering-seringlah Meminta maaf dan lebih sering lagi memaafkan (memberikan maaf). Akhlak Memberikan maaf lebih baik, lebih mulia disisi Allah Swt.
5. Berhati lapang dan selalu tersenyum dan berprasangka baik, dan rajin silaturahim.

Ditutupnya takziah oleh ustad Asyam Hafizh LC dengan mengatakan, Selagi masih hidup berinfak, bersedekah lah sebanyak-banyaknya, apabila sudah tiba sakratul maut, taubat sudah tidak diterima, Barakallahu fiikum, ucap ustadz Asyam Hafizh LC.

BACA JUGA :  Sopir Bus Lakalantas di Flyover Kabur, Hingga Saat Ini Masih Dalam Pencarian Polisi

Pada saat dikonfirmasi kepada ketua SMP Negeri A-85 Amrizal MR yang akrab disapa dengan panggilan kecilnya AM di lokasi kegiatan pada pada hari Sabtu tanggal 1 Juli 2023 itu menjelaskan dengan gamblang tentang kegiatan Akbar yang dilakukan sekarang ini.

Dalam kegiatan SMA Negeri A-85 Kawan SMP juga tidak bisa dipisahkan semua diundang mengaji diundang untuk hadir dalam tausiyah dan ke pdikm juga kita undang dalam kegiatan hiburan dan makan siang bersama, yang penting teman sekampung samo gadang ucap ketua dengan celoteh khas logat Minang nya.

Sebenarnya kegiatan ini adalah reuni Akbar karena pada tahun 2020 – 2021 – 2022 sempat tertunda karena saat itu telah terjadi covid 19 dan sekarang sudah endemi sudah diperbolehkan melakukan kegiatan kembali kata Amrizal MR.

Disebut juga oleh ketua pada kegiatan A-85 sudah 150 orang anggota yang mendaftar untuk pengambilan baju sampai saat sekarang, melihat minat daripada anggota sangat luar biasa, kalau kita lihat untuk pergi berwisata besoknya ada kurang lebih sekitar 70 orang yang akan ikut serta dalam kegiatan jalan-jalan ke Alahan Panjang.

Amrizal MR juga mengatakan silaturahim itu adalah sunnah bisa membuat kita murah rezeki, memanjangkan umur, dan mendapatkan berkah dari Allah subhanahu wa ta’ala.

Tetapi intinya sekali adalah di samping kegiatan alumni A-85, 80% nya adalah anggota SMP A-82 atau lebih terangnya adalah anggota grup palanta juga, prinsipnya adalah kawan samo gadang sakota sakampuang Padang Panjang, imbuh ketua.

Harapan kita kedepannya adalah karena ada yang sudah pensiun diantara A-85, juga ada yang akan pensiun, jadi semakin tua harapan kita untuk berkumpul dalam melakukan silaturahim ini alangkah baiknya, kalau dapat kita tingkatkan lagi, sering-sering saja hadir dalam pertemuan untuk membuat umur panjang dan hidup lebih berkah.

BACA JUGA :  Sambut Positif Kehadiran FJKIP, Ketua DPRD : Selalu Bersinergi dengan Pemko dan DPRD

Dia juga menyebut kalau kondisi badan kemarin ini sering sakit-sakitan tetapi karena sering melakukan silaturahim berkumpul bersama teman-teman membuat hidup lebih sehat dan berkah, kalau masalah dana jangan kita lihat selalu, untuk kegiatan Akbar ini juga kita melakukan subsidi silang kata ketua.

Dan untuk reuni Akbar ini kita dapat mengumpulkan dana dengan cara subsidi silang dalam 1 bulan lebih sekitar lebih kurang 80 juta untuk biaya reuni, dan wisata untuk jalan-jalan ke Alahan panjang juga kita buat gratis itulah untungnya silaturahim tadi.

Rangkaian kegiatan kita melakukan pengajian terlebih dahulu dan selanjutnya kita juga mengadakan kegiatan kesenian di pdikm, kita juga mengadakan kegiatan untuk anak-anak berkebutuhan khusus untuk tampil dalam kegiatan nantinya dan kita juga akan memberikan bantuan yang telah dipersiapkan sekitar 7 juta rupiah, juga kita telah menyiapkan bantuan saat ini untuk masjid kita sekitar 5,5 juta rupiah.

Jumlah murid pada saat itu di SMA Negeri angkatan 85 ada 9 lokal diantaranya 5 IPA, 3 IPS dan 1 Bahasa, (YB)