Gala Dinner Uda Uni Duta wisata kabupaten Tanah Datar tahun 2023 di Indojolito.

302

Bupati Eka Putra: Syarat Uda Uni Kedepannya Adalah Penghapal Al-Qur’an

Padangexpo, Tanah Datar -Acara Gala Dinner Uda Uni Duta wisata Kabupaten Tanah Datar tahun 2023 di Indojolito, Rabu (24/8) di hadiri oleh duta wisata, mantan duta wisata serta panitia penyelenggara kegiatan tersebut.

Pada kesempatan itu, Bupati Tanah Datar, Eka Putra berpesan kepada Uda Uni agar selalu menjaga kehormatan Uda Uni Minangkabau khususnya di Luhak Nan Tuo.

“Selamat datang di Indojolito, tempat saya mengoperasikan seluruh ASN yang ada di Tanah Datar. Dalam rangka silaturahmi perlu kalian pahami tentang Uda Uni. Uda merupakan panggilan kehormatan dari adik untuk kakak laki-laki dan Uni untuk kakak perempuan. Untuk itu, kalian harus menjaga kehormatan atau marwah Uda Uni Minangkabau khususnya di Luhak Nan Tuo Tanah Datar ini,” ujar Bupati Eka.

“Kalian harus membantu nagari untuk mempromosikan destinasi wisata yang ada di Tanah Datar lebih kurang 195 destinasi, termasuk juga kuliner yang bermacam-macam bentuk dan rasanya di mana rasanya itu enak sekali. Kami, pemerintah daerah Tanah Datar untuk tahun 2023 ini ada target untuk kunjungan wisata kita, 2 juta pengunjung. Dan dengan adanya Uda Uni tentu sangat membantu karena Uda Uni harus ada kreasi, punya inovatif yang nantinya bisa bekerjasama dengan pemerintah daerah kabupaten Tanah Datar,” sambung Bupati.

Kemudian, Bupati Eka Putra juga menyampaikan bahwa Uda Uni akan memberikan warna dan jawaban atas tudingan-tudingan miring selama ini untuk Uda Uni Tanah Datar.

“Saya harap kalian mensuport program tahfizh satu rumah satu hafizh karena ada juga mantan Uda Uni yang sekarang menjadi ustadz adalah penghapal Al-Qur’an di pondok tahfizhnya. Dan dengan generasi penghapal dan pecinta Al-Qur’an, tentu Insyaallah Uda Uni Tanah Datar akan selamat kedepannya. Untuk itu, syarat untuk Uda Uni kedepannya adalah penghapal Al-Qur’an. Tentu kalian akan menjadi contoh yang baik oleh remaja-remaja yang ada di Tanah Datar ini,” papar Bupati Eka Putra.

BACA JUGA :  Diantar Puluhan Jurnalis, Rafinos Serahkan Berkas Pendaftaran Calon Wali Nagari Rambatan

Lise Eka Putra selaku Pembina Uda Uni Kabupaten Tanah Datar juga menambahkan dan berpesan serta mengingatkan bahwa ada tanggung jawab di pundak Uda Uni saat ini.

“Bukan hanya cantik dan tampan wajah, namun hati juga harus baik. Sikap berani mengambil resiko, berani tampil, berani mempersiapkan diri, semua harus di lakukan karena tidak ada yang bisa hebat tanpa berani. Mental harus kuat, hari harus bersih dan punya pemikiran cerdas. Itu adalah beban yang kalian sandang di pundak masing-masing sebagai Uda Uni di Tanah Datar ini,” ujar Lise Eka Putra.

Lebih lanjut lagi, Lise Eka Putra juga menjelaskan bahwa Uda Uni itu sebagai contoh dan pelopor perbaikan moral yang ada di mata masyarakat, baik itu perbaikan terdekat, lingkungan diri sendiri hingga lingkungan luar.

“Seperti pak Bupati katakan tadi, ada 100 lebih destinasi wisata di Tanah Datar ini yang harus di promosikan. Kalian bisa mengaplikasikannya ke media sosial yang sudah canggih dan pintar. Mari kita promosikan bersama-sama agar pengunjung baik wisatawan lokal maupun mancanegara mau datang ke Tanah Datar,” ucap Lise Eka Putra. (Dwi)