Kibarkan Bendera Raksasa di Gunung Kasumbo, Upacara Tertinggi di Kecamatan Sungayang

303

Padangexpo, Tanah Datar -Dalam rangka memperingati HUT RI ke 78, atas nama masyarakat Nagari Sungayang Kecamatan Sungayang Kabupaten Tanah Datar rutin tiap tahunnya mengadakan pengibaran bendera merah putih raksasa di puncak Gunung Kasumbo, Nagari Sungayang, Minggu (13/8).

Bupati Tanah Datar, Eka Putra selaku inspektur upacara menyampaikan apresiasi kepada panitia acara, pemuda Jordus (Jorong Duo Sungayang) dan seluruh masyarakat nagari yang telah mendukung dan menyelenggarakan kegiatan ini.

“Saya merasa sangat bangga, dengan semangat pemuda Nagari Sungayang ini, dengan penuh kekompakan menggelar pengibaran bendera merah putih di puncak gunung Kasumbo ini, sebagai bentuk perayaan kemerdekaan Republik Indonesia dimana kegiatan pengibaran bendera raksasa ini rutin di gelar tiap tahunnya,” ujar Bupati Eka Putra.

“Ini adalah bentuk keunikan dari kreatifitas pemuda nagari dalam rangka merayakan HUT RI, yang membedakannya dari daerah lainnya. Melalui pengibaran bendera ini, dapat mengingatkan kita kembali pada nilai-nilai perjuangan para pahlawan bangsa terdahulu, untuk dapat kita teguhkan dalam hati sanubari kita dalam mengisi kemerdekaan,” lanjut Eka Putra.

Bupati juga mengajak masyarakat untuk meningkatkan rasa nasionalisme sebagai bangsa Indonesia, serta selalu bersyukur atas nikmat kemerdekaan selama 78 tahun yang telah di anugerah kan Allah SWT.

“Marilah kita isi kemerdekaan ini dengan meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan, menjauhi segala pertikaian, menghindari sifat permusuhan, jangan mau di pecah belah dan jaga kerukunan dan ketentraman dalam kehidupan bermasyarakat, bernagari dan bernegara,” tutur Bupati Eka.

Bupati Tanah Datar juga berharap kegiatan ini dapat menjadi ajang silaturahmi warga di Nagari Sungayang sehingga menjadi kompak, baik unsur pe muda, Ninik mamak, Alim ulama, Cadiak pandai maupun Bundo kanduang, bersama kita bangun kekompakan dan mengembangkan segala potensi di nagari untuk memajukan masyarakatnya.

BACA JUGA :  Kunjungi Posko Pengungsian Erupsi Marapi,Eka Putra:Jangan Percaya Hoax!

Pengibaran bendera merah putih raksasa di puncak gunung Kasumbo ini merupakan titik tertinggi diNagari Sungayang, dimana memiliki kesan dan kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Tanah Datar umumnya dan masyarakat Sungayang khususnya. Selain itu, juga dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi pariwisata Sungayang sehingga dapat memajukan nagari, menambah semangat untuk mensejahterakan masyarakat nagari.

Terakhir kata Bupati Eka, sesuai tema peringatan HUT RI ke 78 yaitu terus melaju untuk Indonesia maju, Bupati Eka menghimbau kepada masyarakat untuk mendukung dan mensukseskan program pembangunan pemerintah yang tujuannya adalah sebesar-besarnya untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Tanah Datar.

“Tanpa dukungan dari masyarakat dan seluruh unsur, mustahil Tanah Datar Madani yang berlandaskan Adat Basandi Syara’, Syara’ Basandi Kitabullah dapat kita wujudkan,” papar Bupati Eka Putra.

Acara ini di hadiri juga oleh Kepala OPD di lingkup Pemda Tanah Datar, Camat Sungayang, Walinagari se kecamatan Sungayang, tokoh masyarakat dan mahasiswa KKN dari berbagai kampus. (Dwi)