Perhatikan Kebutuhan Masyarakat Pada Sektor Pertanian, Pemko Bukittinggi Serahkan Bantuan Alat Mesin Pertanian

159

padangexpo.com (Bukittinggi)

Pemerintah Kota Bukittinggi melalui Dinas Pertanian dan Pangan serahkan bantuan Alat mesin pertanian (alsintan) sekaligus hadiah penilaian kelembagaan serta

ketenagaan tingkat Kota Bukittinggi. Penyerahan bantuan secara simbolis ini  juga dihadiri Staff ahli Ade Mulyani, Camat MKS, Syukri dan sejumlah pejabat lainnya, bertempat di poktan Panorama Baru, Selasa (08/08-23).

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan, Hendri, menjelaskan, bantuan Alsintan ini diserahkan kepada kelompok tani sesuai permohonan yang diajukan, baik melalui kegiatan musrenbang dan prioritas Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) yang telah dianggarkan melalui APBD Kota tahun 2023.

Bantuan yang diserahkan berupa 8 unit Alsintan yang terdiri dari 5 unit handtraktor untuk Kelompok Berkat Usaha, Langgundi Lumpuah, Tunas Baru, Sepakat, Jam Gadang dan 3 unit merupakan permintaan masyarakat yang termasuk dalam prioritas RPJMD 2023, yaitu 1 unit handtraktor 8,5 PK untuk kelompok tani Pabeloan (Kel Pakan Labuah), 1 unit mesin perontok padi dan mesin pemotong rumput untuk kelompok tani sadar (kel Campago Ipuah), dan 1 unit mesin pemotong rumput untuk Dasa Wisma Anggrek Il

“Semoga dengan diberikannya bantuan ini dapat mempercepat proses tanam, panen, dan pasca panen, dan juga dapat meningkatkan indeks pertamanan, produktivitas serta kesejahteraan petani” jelas Hendri.

Hendri menyampaikan, program ini, merupakan salah satu wujud realisasi misi ke 7 RPJMD Kota Bukittinggi tahun 2021-2026 hebat dalam bidang pertanian. Dimana, Pemerintah Kota Bukittinggi di bawah kepemimpinan Wali Kota Erman safar, berkomitmen untuk memperhatikan kebutuhan masyarakat yang bergerak di sektor pertanian.

Pengadaan alat mesin pertanian kepada kelompok tani sangat berguna dalam pengolahan lahan dan proses panen, menghemat biaya produksi, biaya panen serta dapat meningkatkan kualitas hasil penen serta meningkatkan daya saing produksi pertanian di pasar.

BACA JUGA :  Kota Bukittinggi Satu dari 50 Kabupaten/Kota Terpilih Dalam Pendampingan Penyusunan Master Plan 'Smart City' dari Kemenkominfo

“Sesuai arahan Bapak Wali Kota, kita bantu kelompok tani kita, agar dapat terus produktif dalam bidang pertanian sehungga berdampak pada perekonomian mereka. Kami berharap agar Alsintan yang telah diserahkan kepada kelompok tani dapat dimanfaatkan oleh seluruh anggota kelompok, ujar Hendri.

Pada kesempatan ini juga diberikan penghargaan kepada pelaku usaha di bidang pertanian penyuluh maupun kepada kelompok tani, kelompok wanita tani, kelompok tanaman hias, UP3HP, LKMA, UPJA dan juga kelompok usaha perikanan. (fadhil)