Pertama di Kabupaten Agam, Puskesmas Sungai Pua Raih Akreditasi Paripurna

529

Padangexpo, Agam- Puskesmas Sungai Pua Kabupaten Agam berhasil meraih AKREDITASI PARIPURNA dalam penilaian Akreditasi Puskesmas yang dilakukan oleh Lembaga Akreditasi Puskesmas KAKP Kemenkes RI pada bulan Juli lalu.

Kepastian Puskesmas Sungai Pua meraih akreditasi bintang lima itu setelah Dirjen Yankes Kemenkes RI mengeluarkan Sertifikat Akreditasi Paripurna dengan Nomor, YM.02.01/D/8623/2023 pada tanggal 5 Agustus 2023 yang diterima oleh Kepala Puskesmas Sungai Pua, dr. Andi Suhendro, pada Kamis 10 Agustus melalui pesan Elektronik.

Kepala Dinas Kesehatan Kab Agam dr. Hendri Rusdian, M.Kes, merasa senang dan bangga dengan perolehan Akreditasi Paripurna ini untuk Puskesmas Sungai Pua, karena ini merupakan prestasi yang membanggakan dan pertama kali di raih oleh Puskesmas di Kabupaten Agam, semenjak dilakukannya penilaian Akreditasi Puskesmas tahun 2015.

Ya, ini kali Pertama Puskesmas di Kabupaten Agam yang meraih Akreditasi Paripurna, dan menjadi sejarah bagi Dinas Kesehatan dan Puskesmas yang ada di Kab Agam, “ucapnya.

Menurut Hendri, berhasilnya Puskesmas Sungai Pua meraih Akreditasi Paripurna tidak terlepas dari Komitmen bersama Kepala Puskesmas Sungai Pua beserta jajarannya guna mewujudkan pelayanan kesehatan yang bermutu kepada masyarakat.

Disamping itu juga komitmen dan dukungan dari Pemerintahan Kab Agam melalui Dinas Kesehatan untuk mewujudkan pelayanan kesehatan terbaik dan bermutu yang di idam-idamkan oleh masyarakat melalui pemenuhan SDM Nakes, pemenuhan Anggaran, melengkapi Sarana Prasarana dan menjadikan Puskesnas sebagai Badan Layanan Umum Daerah (BLUD), “ungkapnya.

“Kita selalu berupaya bagaimana 23 Puskesmas yang ada di Kabupaten Agam ini dapat memberikan pelayanan yang terbaik dan bermutu kepada masyarakat sesuai dengan kehendak dan harapan masyarakat, “harap Hendri.

Kadis berpesan kepada Kepala Puskesmas Sungai Pua beserta seluruh jajarannya, Akreditasi bukanlah tujuan akhir dan janganlah terlalu euforia dengan hasil yang diraih, dan ini merupakan langkah awal dalam mewujudkan pelayanan kesehatan yang bermutu kepada masyarakat dan mempertahankan serta meninggkatkan mutu pelayanan kesehatan itu jauh lebih penting.

BACA JUGA :  Sambut Kedatangan Tim Penilai Lapangan Nakes Teladan Tingkat Provinsi, Ini Kata Hendri Rusdian

Dengan Terakriditasi Paripurna ini diharapkan kepada seluruh jajaran Puskesmas Sungai Pua agar dapat melayani masyarakat dengan baik, ramah, santun, senyuman dan penuh rasa kasih sayang.

“Kita tidak ingin lagi mendengar adanya keluhan dari masyarakat terkait dengan layanan kesehatan yang diberikan oleh Puskesmas, Puskesmas harus jeli dalam menyikapi keinginan dan harapan masyarakat serta harus cepat tanggap terhadap keluhan masyarakat, “ujar Hendri.
(99-HR)