Raih Juara Harapan Kategori Daya Tarik Desa Wisata, Bupati Suhatri Bur : Nyarai Sukses Raih ADWI 2023

175

padangexpo.com (Padang Pariaman)

Kabupaten Padangpariaman berhasil mendapatkan penghargaan Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2023 melalui Desa Wisata Nyarai di Kenagarian Salibutan, Kecamatan Lubuak Aluang, Kabupaten Padangpariaman.

Bupati Padangpariaman Suhatri Bur menyampaikan,”Penghargaan tersebut kita terima dari Kementerian Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, dengan kategori daya tarik wisata,” ujarnya, Senin (28/8) usai menerima penghargaan dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Uno.

Suhatri Bur mengatakan, Desa Wisata Nyarai Sikabu dikenal dengan ekowisata sungai, sebab desa ini dilintasi oleh aliran Sungai Batang Anai. Ada beberapa titik ekowisata di desa ini diantaranya Pemandian Lubuak Napa dan Lubuak Larangan yang merupakan lokasi konservasi sejenis ikan yang dilarang ditangkap tanpa persetujuan pemangku adat setempat serta beberapa spot pemancingan fly fishing dan trekking.

“Alhamdulillah, berkat keindahan alam Desa Wisata Nyarai tersebut berhasil mendapatkan penghargaan Anugerah Desa Wisata Indonesia tahun 2023 dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia dengan kategori daya tarik wisata,” ujarnya.

Muhammad Fadhly selaku Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Padangpariaman mengucapkan selamat atas penghargaan yang diraih desa wisata Nyarai dengan juara harapan kategori daya tarik desa wisata.

Fadhly menjelaskan bahwa ekowisata Nyarai menjadi desa wisata dengan konsep wisata berkelanjutan.  Wisata Nyarai hadir di Anugerah Desa Wisata Indonesia tahun 2023 setelah berproses membangun desa wisata mendunia.

“Kita ucapkan selamat untuk desa wisata Nyarai atas prestasinya mencapai 75 besar desa wisata terbaik di Indonesia dengan juara haparan kategori daya tarik dengan pengelola Ritnokurniawan dan didukung oleh Pemerintah Nagari Salibutan Lubuak Aluang. Sehingga Desa wisata ini menjadi kebanggaan Kabupaten Padangpariaman,” ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin mengapresiasi keberhasilan Desa Wisata Nyarai, Kabupaten Padangpariaman berhasil mendapat penghargaan ADWI 2023. Sebelumnya, Nyarai ini masuk 75 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023. “Ini adalah wisata yang berkualitas karena berbasis konservasi,” katanya.

BACA JUGA :  Gubernur Mahyeldi Launching Nagari Pertama di Padang Pariaman Sebagai Nagari Bersih Narkoba

Desa wisata Nyarai terletak di Nagari Salibutan Lubuk Alung, Kecamatan Lubuk Alung, dan berada di kaki bukit barisan satu yang merupakan lokasi hutan lindung.

Desa Wisata Nyarai memiliki jarak tempuh yang relatif dekat sekitar 21 km dari Bandara Internasional Minangkabau dengan perjalanan darat yakni sekitar 40 menit.

Sehingga, Sandiaga berpesan kepada masyarakat setempat untuk senantiasa menjaga keasrian lingkungan di sekitar Desa Wisata Nyarai. “Jangan sampai keindahan alam yang kita jual ini justru malah tidak ramah lingkungan dan kita harapkan kita bersama-sama bisa membangun destinasi ini menjadi destinasi wisata berkelas dunia,” tambah Sandiaga mengakhiri. (ADP)