Raih Predikat Terbaik di Lomba Parade Budaya Nusantara , Ini Kata H. Alisar Tokoh Masyarakat Padang Magek

310

Padangexpo.com, Tanah Datar -Padang Magek Juara 1 lomba Parade Budaya Nusantara yang diadakan oleh Bundo Kanduang DKI Jakarta pada tanggal 27 Agustus 2023, dengan tema, ” Indonesia Tumbuh, Indonesia Tangguh, Indonesia Berbudaya” . Event yang diletuai oleh Evi Susanti, S.Pd.,M.M dan ketua Bundo Kanduang DKI Jakarta Suherni Syam, S.E. dilaksanakan dalam rangka memperingati hari kemerdekaan RI ke 78.

Bundo Kanduang IKPM dengan PIC Mira Gusniwati, S.S.,M.Pd, terlihat semangat, antusias dan kompak mengikuti acara Parade dengan memakai baju adat Padang Magek “Baju Milik dan Kambuik Bajaik”

Baju Milik memiliki nilai-nilai budaya yang sesuai dengan Falsafah Minangkabau, ” Sdat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah . Tangkuluak ( accesoris kepala) terbuat dari Sarung dan Mukena yg bisa digunakan saat waktu sholat tiba. Bentuknya yg unik memiliki makna tersendiri, Bagonjong di kanan menunjukkan Gonjong Rumah Gadang, Babungo di kiri melambangkan wanita Padang Magek cantik dan anggun. Sedangkan Balakuak ( rendah) di tengah menunjukkan bahwa masyarakat Padang Magek memecahkan masalah dengan musyawarah dan mufakat.

Milik yg terbuat dari tenunan Nenang Emas dan Perak melambangkan kemakmuran. Ukiran pada baju Milik berbentuk Bambu yang menjulang, di atasnya dihiasi Bintang- bintang menunjukkan bahwa wanita Padang Magek memiliki cita- cita yang tinggi, setinggi langit. Sedangkan Nambu menunjukkan bahwa wanita Padang Magek berguna dari kecil sampai dewasa, ibarat Bambu yg memiliki banyak manfaat, Rebung ( bambu muda) bisa dibuat gulai, batang bambu bisa dijadikan furniture, pagar dan lain-lain.

Acara Parade ini sangat semarak, meskipun rute perjalanan agak panjang, peserta berjalan di sepanjang jalan Thamrin, dimulai dari Sarinah, Bundaran HI dan berakhir di Monas, tetapi mereka tetat semangat, terutama warga Padang Magek yang bernyanyi sepanjang perjalanan.

BACA JUGA :  Diduga Lakukan TPPO, HK Diamankan di Padang Ganting

Parade ini juga dihadiri oleh Pengurus IKPM H. Maidasril, H. Alisar, S.E, H. Epirianto dan sesepuh IKPM Lemses Naini
[30/8 09.33] Nono Pekat: 1. Prestasi yang diperoleh oleh warga IKPM di Parade Budaya Nusantara yg dilaksanakan di DKI, merupakan kesinambungan dari event 1000 baju Milik di nagari PadangMagek, kec Rambatan, Kabupaten Tanah Datar. Bundo Kanduang IKPM yg ada di Jakarta, ingin merasakan euforia yg dirasakan anak Nagari di event 1000 baju Milik.

Kegiatan ini bertujuan melestarikan baju milik dan Kambuik Bajaik yg menjadi ciri khas warga PadangMagek, dengan harapan baju Milik semakin dikenal di tingkat Nasional mau pun internasional.

H. Alisar, salah satu tokoh masyarakat Nagari Padang Magek yang berada di rantau sangat mengapresiasi kegiatan ini.

“Saya sangat mengapresiasi program-program yang dilaksanakan oleh warga Padang Magek untuk kemajuan Nagari. Sebagai tokoh masyarakat saya menghimbau kepada generasi muda, untuk terus berkreasi, menggali potensi, menanamkan nilai-nilai budaya kepada generasi penerus. Teruslah berkarya dan bersinergi dengan pemerintah untuk kemajuan Tanah Datar, khususnya Padang Magek. Harapan saya kepada Pemerintah Daerah Tanah Datar, semoga selalu mendukung dan memperhatikan kreativitas, inovasi dan potensi masyarakat untuk kemajuan daerah Tanah Datar, khususnya Nagari Padang Magek,” papar Alisar kepada Padang Expo.com, Rabu (30/8).

Kemudian sambungnya, semoga kegiatan ini bisa menjadi gerbang untuk mambangkik batang tarandam, baju Milik dan Kambuik Najaik semakin dikenal di tingkat Nasional dan internasional. Mudah-mudahan Padang Magek ikut mengharumkan nama Tanah Datar dan Sumatera Barat ke depannya.

“Besar harapan saya anak nagari Padang Magek semakin maju, berkreasi, berinovasi untuk kemajuan Nagari, tetapi tetap memegang teguh nilai-nilai agama dan budaya,” tutup H. Alisar. (Dwi)