Ranperda Penyelenggaraan Kota Layak Anak Dihantarkan Wali Kota Bukittinggi

371

padangexpo.com (Bukittinggi)

Pemerintah Bukittinggi hantarkan ranperda Penyelenggaraan Kota Layak Anak, dalam rapat paripurna, di Gedung DPRD Kota Bukitinggi, Rabu (09/08-23).

Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar, menjelaskan, Kota layak anak adalah Kota dengan sistem pembangunan yang menjamin pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak yang dilakukan secara terencana, menyeluruh dan berkelanjutan.

Adapun tujuan penyelenggaraan kota layak anak adalah untuk meningkatkan upaya pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak serta meningkatkan sinergitas dan kolaborasi semua pihak, masyarakat, dunia usaha, media massa dan anak dalam menyelenggarakan kota layak anak Anak adalah amanah dan karunia Tuhan Yang Maha Esa, dalam dirinya melekat harkat dan martabat sebagai manusia seutuhnya.

Dalam konteks berbangsa dan bernegara Anak merupakan generasi penerus cita-cita perjuangan bangsa, maka sudah selayaknya anak mendapat perlindungan dan kesempatan yang seluas-luasnya untuk kelangsungan hidup, tumbuh dan berkembang secara wajar.

Untuk itu kita sepakat bahwa anak adalah aset berharga bangsa dan masa depan kita, mereka berhak tumbuh dan berkembang dalam lingkungan yang kondusif, memenuhi hak-haknya, serta terlindungi dari berbagai ancaman dan kekerasan.

“Dalam pelaksanaanya Pemerintah Daerah mempunyai kewenangan melalui urusan pemberdayaan perempuan perlindungan anak. urusan tersebut adalah urusan wajib yang tidak berkaitan dengan pelayanan dasar. maka melalui Rancangan

Peraturan Daerah tentang Kota Layak Anak kita ingin menegaskan komitmen pemerintah untuk: kewenangan melalui

  1. melindungi hak-hak anak, termasuk hak atas pendidikan, kesehatan dan partisipasi dalam pengambilan keputusan.
  2. memastikan akses dan pelayanan pendidikan berkualitas bagi semua anak.
  3. menjaga kesehatan dan gizi anak agar mereka dapat tumbuh sehat dan cerdas.
  4. menciptakan lingkungan yang aman dan bebas dari kekerasan fisik dan psikologis.
  5. mendorong partisipasi aktif anak dalam berbagai kegiatan sosial dan pembangunan kota, ” jelas Erman Safar.
BACA JUGA :  Gelar Paripurna, DPRD Bukittinggi Tandatangani Nota Persetujuan Bersama Atas Ranperda Pemanfaatan dan Penggunaan Bagian Jalan

Wako mengatakan, Sesuai dengan Pasal 58 ayat (2) Undang-undang Nomor 15 Tahun 2019 tentang Perubahan Atas Undang-undang Nomor 12 Tahun 2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-undangan, terhadap Rancangan Peraturan Daerah ini, telah dilakukan pengharmonisasian, pembulatan dan pemantapan konsepsi oleh Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Barat dengan Surat Kepala Kantor Wilayah Nomor W3.PP.04.02-389 tanggal 7 Juni 2023.

“Rancangan peraturan daerah ini nantinya akan menjadi acuan bagi pemerintah daerah dalam menyelenggarakan Kota Layak Anak, maka kami berharap Rancangan Peraturan Daerah ini dapat dibahas bersama, sehingga masukan dan partisipasi aktif dalam proses pembahasan menjadikan sempurna Rancangan Peraturan Daerah ini, sehingga akhirnya dapat mewujudkan Bukittinggi menjadi Kota Layak Anak, ” kata Wako.

Ketua DPRD Kota Bukittinggi, Beny Yusrial, menyampaikan, setelah dihantarkannya ranperda tentang  Penyelenggaraan Kota Layak Anak oleh Wali Kota Bukittinggi, maka rapat Paripurna akan dilanjutkan dengan pemandangan umum fraksi-fraksi DPRD pada hari Kamis 10 Agustus 2023 ” ujar Beny Yusrial. (fadhil)