Rayakan HUT RI ke 78, AMPHIBI Bersama Team BERITAMU Dan LSM KAtes Ajak Warga Tukar Sampah Sungai Dengan Minyak Goreng

304

Padangexpo, Medan -Memperigati HUT RI Ke 78, Aliansi Masyarakat Pemerhati Lingkungan Hidup dan B3 Indonesia (AMPHIBI) berkolaborasi dengan LSM KAtes dan BERITAMU lakukan Aksi pembersihan sampah Sungai dan penanaman pohon di Bantaran Sungai Deli jl.Datuk Rubiah Rengas Pulau Kec.Medan Marelan Kota Medan pada,
Kamis (17/08).

Turut hadir dalam aksi tersebut ketua Amphibi Sungai Deli Zulkarnain beserta jajaran, Penasehat Amphibi sungai Deli Dian Azhari, Ketua Umum LSM KAtes Dodi Tongat Sitepu, Team Media yang tergabung di BERITAMU serta Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat.
Kegiatan penuh makna sebagai wujud kepedulian lingkungan hidup di hari kemerdekaan RI ke 78 tersebut di sponsori PT.Musim Mas berupa Minyak Goreng tersebut sukses terlaksana.
Sebanyak hampir 500 kg sampah sungai Deli yang didapat warga berupa kayu, bambu dan plastik dibarter warga melalui penukaran 10 kg sampah dengan 1 liter minyak goreng.
Adapun sampah kayu digunakan Amphibi untuk membuat Arang Breket.
Setelah dipilah, Sampah yang tidak bernilai dikirim ke TPA

Sekitar 100 Peserta dari kalangan ibu rumah tangga maupun anak- anak tampak bersemangat memunguti sampah yang berada di bantaran sungai maupun sampah yang melintas dialiran sungai deli demi mendapatkan minyak goreng.

Ketua harian AMPHIBI Sungai Deli, Zulkarnaen mengatakan, aksi bersih sungai dan penanaman pohon ini dilaksanakan dalam rangkaian HUT AMPHIBI ke 7 (25/08) dan memperingati HUT RI Ke 78 (17/08).
Diharapkan dengan aksi ini masyarakat bantaran sungai Deli kedepannya lebih peduli lagi menjaga kebersihan lingkungan khususnya di bantaran maupun di aliran sungai Deli yang bersejarah ini, “ucap Zul.

Sementara itu Dodi Tongat Sitepu selaku Tokoh masyarakat Medan Utara yang juga Ketum LSM KAtes sangat mengapresiasi kegiatan yang digagas AMPHIBI Sungai Deli.

BACA JUGA :  Arkadius Dt.Intan Bano Adakan Sosialisasi Dua Perda, Apa Saja

Saya berharap dengan adanya aksi pengutipan sampah dan penanaman pohon yang dilakukan pada moment 17 an ini bisa rutin dilakukan.
Secara tidak langsung AMPHIBI telah mengajak kepedulian masyarakat untuk memerdekakan Sungai Deli dari pencemaran sampah dan limbah, “ucap Tongat.

Untuk menjaga NKRI saat ini kita tidak perlu perang mengangkat senjata.
Dengan merawat dan menjaga lingkungan hidup seperti yang dilaksanakan Amphibi untuk Sungai Deli adalah bentuk perjuangan untuk memerdekakan Indonesia bebas dari permasalahan lingkungan khususnya Sampah yang telah menjadi musuh kita bersama.
Dihari kemerdekaan ini, Ayo secara bersama sama kita perangi sampah untuk merdekakan lingkungan hidup, ” tutup Tongat.
(Dwi)