Tingkatkan Minat Baca, Pemkab Padang Pariaman Gelar Lomba Literasi dan Lomba Bercerita Anak PAUD

131

padangexpo.com (Padang Pariaman)

Dalam rangka memperingati gerakan nasional membaca, Pemkab Padang Pariaman bersama Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Padang Pariaman mengadakan lomba literasi tingkat Kabupaten Padang Pariaman.

Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur mengatakan kegiatan tersebut memasang target dengan peserta para siswa dan guru sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Sehingga anak anak Padang Pariaman gemar membaca dan bercerita untuk kemajuan Padang Pariaman dalam bidang pendidikan.

Apalagi lomba tersebut terdiri dari story telling untuk kategori PAUD, review cerita untuk SD/MI, membuat video untuk SMP/MTS, dan lomba review buku untuk kategori guru.  Dengan demikian program Padang Pariaman berjaya akan terwujud dari tingkat bawah.

“Kita sangat berterima kasih kepada OPD terkait, karena tujuan diadakannya kegiatan ini untuk mengisi peringatan gerakan Nasional membaca sebagai bentuk sosialisasi dan publikasi dalam meningkatkan kegemaran membaca bagi masyarakat Padang Pariaman terutama kalangan pelajar dan guru,” kata Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur, Selasa (15/8).

Selain itu, kegiatan ini juga dilaksanakan untuk lebih mengenalkan program unggulan Dispusipda  untuk kemajuan generasi muda masa depan bangsa. Program ini diselenggarakan sebagai pengganti program story telling yang biasanya dilaksanakan secara tatap muka dan diikuti para siswa PAUD.

Jadi katanya, ia membuka kegiatan lomba story telling tingkat SMPdan MTSN  dan lomba cerita bagi guru PAUD se Kabupaten Padang Pariaman. Sehingga anak anak usia dan siswa siswi SMP dan MTSN mencintai gerakan membaca buku untuk peningkatan Sumber Daya Manusia(SDM).

“Saya sangat apresiasi yang tinggi kepada Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah karena telah menyelenggarakan kegiatan ini. Kita harapkan dengan adanya kegiatan ini meningkatkan minat baca bagi anak anak kita,” ujarnya.

BACA JUGA :  Gelar Pelatihan Bagi Wali Nagari dan Perangkat Nagari, Bupati Suhatri Bur Minta Dukung Program Kerja Padang Pariaman

Sebab katanya, dengan tinggi minat baca anak anak ini mereka menjadi seorang storyteller  yang baik, karena tentu harus banyak membaca dan memahami apa yang menjadi alur dari cerita, selain itu juga hatus memperhatikan performa dan penampilan.(ADP)