Tukar Sampah Dengan Migor, 150 Orang Masyarakat Tanjung Rejo Berlomba Kutip Sampah di Bantaran Dan Aliran Sungai Pegatalan

330

Padangexpo.com, Deli Serdang-Berbagai cara yang dilakukan Aliansi Masyarakat Pemerhati Lingkungan Hidup & B3 Indonesia atau disingkat AMPHIBI untuk mengajak minat masyarakat peduli terhadap lingkungan.

“Sampah barter minyak goreng” adalah salah satu program AMPHIBI bekerjasama dengan PT.Musim Mas untuk mengajak masyarakat membersihkan bantaran dan aliran sungai.

Sebelumnya AMPHIBI telah melakukan Aksi Bersih di Sungai Deli Medan dan Sungai Ciliwung Jakarta Timur dalam rangkaian HUT AMPHIBI ke 7 dan memperingati HUT RI ke 78.

Kali ini AMPHIBI mengajak 150 orang masyarakat Desa Tanjung Rejo untuk membersihkan sampah di bantaran dan aliran sungai Pegatalan di desa Tanjung Rejo kec.percut Sei tuan kab.deli serdang pada,
Minggu (20/8).

Hadir dalam aksi tersebut Kepala Desa Tanjung Rejo Selamet yang juga sebagai Direktur Parekraf AMPHIBI, Direktur KTH AMPHIBI Ernadhi, Ketua Amphibi Deli Serdang, Muhammad Iqbal, Ketua KTH AMPHIBI Tanjung Rejo SURYONO beserta jajaran.

Sebanyak 150 karung sampah plastik dengan jumlah 450 kg yang didapat masyarakat dibarter AMPHIBI dengan minyak goreng (10 kg sampah ditukar 1 liter minyak goreng).

Kepala desa Tanjung Rejo Selamet sangat mengapresiasi kegiatan tersebut.
Dirinya mengatakan bahwa Aksi bersih susur Sungai Pegatalan ini adalah sebagai bentuk kepedulian masarakat tentang lingkungan di wilayah sungai yang ada di wilayah desa Tanjung Rejo.
Saat ini kondisi Sungai Pegatalan sudah sangat memprihatinkan dari permasalahan Sampah hingga pencemaran air.
Warna air sungai disini hitam pekat dan berbau tidak sedap.
Tidak ada habitat sungai yang bertahan hidup dialiran sungai ini, “ucap Selamet.

“Harapan masyarakat kepada instansi pemerintah agar dapat menormalisasi sungai Pegatalan yang saat ini terjadi sedimentasi (pendangkalan), “ucap Selamet.

Sementara ketua Amphibi Deli Serdang M.Iqbal dalam sambutannya menyampaikan bahwa AMHIBI hadir untuk mengajak masyarakat lebih peduli terhadap lingkungan.
Dengan adanya aksi bersih susur sungai ini kedepannya kita harap sungai Pegatalan ini bisa menjadi bermanfaat untuk masyarakat desa Tanjung Rejo, “tutup Iqbal. (Dwi)

BACA JUGA :  Ridho, Salah Satu Pekerja Bangunan Renovasi Kantor KAN Kecamatan Luki Dibacok Orang Tak Dikenal