Dinas Kesehatan Agam Luncurkan Program Layanan TB Paru Berbasis Online

353

Padangexpo.com, Agam-Penemuan dan pengobatan penyakit Tuberkulosis Paru (TB Paru) di Kabupaten Agam masih belum optimal, dikarenakan masih adanya stigma negatif ditengah-tengah masyarakat karena penyakit TB Paru penyakit yang memalukan, sehingganya masyarakat merasa enggan untuk mengunjungi RS/Puskesmas karena takut ketahuan menderita penyakit TB Paru.

Untuk mengantipasi agar penularan penyakit TB Paru tidak berkembang ditengah-tengah masyarakat yang disebabkan oleh engganya masyarakat yang terduga penyakit TB Paru untuk mendatangi fasilitas pelayanan kesehatan, Dinkes Agam luncurkan program inovasi Gerakan Nagari Peduli TB.

Menurut Kadis Kesehatan dr. Hendri Rusdian, M.Kes, Gerakan Nagari Peduli TB Paru adalah Nagari dimana masyarakatnya peduli terhadap pengendalian penyakit TB Paru melalui penemuan penderita tersangka TB Paru melalui layanan yang berbasis online yaitu Google Form.

Melalui Google Form, kita siapkan link yang bisa di akses oleh masyarakat untuk mengirimkan data-data pribadi dan keluhan yang sedang dihadapi, setelah data diterima oleh Admin, kemudian Admin melihat dari wilayah kerja Puskesmas mana data ini berasal, lalu Admin akan meneruskan ke Puskesmas yang bersangkutan untuk ditindak lanjuti, “terang Kadis.

Kemudian petugas Puskesmas akan melakukan kunjungan rumah sesuai dengan alamat yang tertera pada link google form, dan dilakukan pemeriksaan sampai dengan mengambil dahak sputum untuk pemeriksaan labor mikroskopis, setelah hasil labor keluar petugas Puskesmas mengunjungi kembali rumah tersangka penderita untuk memberitahu hasil pemeriksaan labor dan pengobatan yang akan dilakukan jika ternyata positif TB Paru.

Menurut Kadis, Gerakan Nagari Peduli TB Paru yang berbasis online melalui link google form ini sangat membantu dan menjamin sekali kerahasian penderita karena penderita tersangka TB Paru tidak perlu lagi datang ke Puskesmas untuk pemeriksaan dan pengambilan obat tapi cukup menunggu di rumah saja, karena petugas akan melayani semuanya.

BACA JUGA :  Silaturahmi ke Mesjid Nurul Iman Cubadak, Wabup Agam : Segera Bentuk Remaja Masjid Untuk Makmurkan Kegiatan Keagamaan

Direncanakan Gerakan Nagari Peduli TB Paru melalui layanan berbasis online ini dalam waktu dekat akan segera di lounching oleh Bupati Agam, menunggu Link Google Form yang sedang di siapkan oleh Tim IT Dinkes Agam, “kata Kadis.

Diharapkan melalui program Inovasi Gerakan Nagari Peduli TB Paru melalui layanan berbasis online ini dapat neningkatkan penemuan penderita TB Paru di Kabupaten Agam, sehingga dapat memutus sumber penularan yang pada akhirnya akan menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat penyakit TB Paru, ” ujar Kadis.
(99-HR)