Gubernur Mahyeldi Launching Nagari Pertama di Padang Pariaman Sebagai Nagari Bersih Narkoba

61

padangexpo.com (Pauh Kamba, Padang Pariaman)

Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi bersama Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur, resmi melaunching Nagari Pauh Kamba Kecamatan Nan Sabaris menjadi Nagari Bersih Narkoba (Bersinar) pertama di Padang Pariaman, yang bertempat di lapangan Tugu Pasar Pauh Kamba, Kamis (7/9).

Hadir dalam peresmian tersebut, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Padang Pariaman Anwar, Kepala Disdagnakerkop UKM Jon Kenedi, Perwakilan Polres dan Dandim 0308, Camat Nan Sabaris Alkhaufa bersama unsur Forkopimca, dan wali nagari se Kabupaten Padang Pariaman.

Sekaligus ikut menyaksikan Nagari Bersinar Plt Kepala BNNP Sumatera Barat Fortuna Maisari, Anggota DPRD Padang Pariaman Syafrinaldi, Ketua LKAAM Zainir Dt. Rajo Mulie, dan tokoh masyarakat, serta siswa-siswi utusan sekolah se Kecamatan Nan Sabaris.

Dalam arahannya, Gubernur Mahyeldi mengatakan bahwa Narkoba adalah perdagangan internasional yang bertujuan untuk melumpuhkan generasi dan bangsa ini. Maka dari itu katanya, Narkoba dan jenis lainnya harus diperangi.

Ia menilai, peran keluarga sangat penting, demikian juga dengan keterlibatan tokoh agama dan tokoh adat. Sarannya, anak harus dibekali dengan agama dan pemahaman keagamaan, “Kuatkan keluarga, jaga diri masing-masing budayakan keakraban dengan anak, penguatan keluarga. Sediakan waktu untuk keluarga dalam momen kebersamaan tiap harinya, agar jangan sampai anak-anak kita itu memilih tempat curhat yang salah,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati Suhatri Bur menjelaskan bahwa generasi muda harus diselamatkan. Gerakan yang diambil Wali Nagari Pauh Kamba bersama jajaran sangat diapresiasinya. Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman akan mensupport dan mendukung penuh,”Nagari Bersinar bukan hanya tagline saja, kita harus membentuk aksi nyata dalam upaya menyelamatkan generasi Padang Pariaman dari bahaya Narkoba,” tegasnya.

Suhatri Bur juga meminta kepada BNNP Wilayah Sumatera Barat untuk bisa menindaklanjuti launching hari ini dengan mendirikan BNK tingkat Kabupaten Padang Pariaman. Ditegaskan lagi, dirinya bersama jajaran akan sangat bersedia memfasilitasi pembentukan BNK tersebut.

BACA JUGA :  Bupati Suhatri Bur Lantik 8 Orang Pejabat Eselon II dan 38 Orang Pejabat Eselon III di Lingkup Pemkab Padang Pariaman

“Sekolah Bersinar juga telah dilaunching di beberapa kecamatan, ini menjadi bagian pemda untuk melakukan penolakan dan bersungguh-sungguh serta berkomitmen dalam aksi menolak dan memerangi Narkoba di Padang Pariaman ini,” ujarnya.

Wali Nagari Pauh Kambar Muhammad Nuh juga menyampaikan bahwa Nagari Pauh Kambar sudah sangat mengkhawatirkan masalah narkoba. Terangnya, telah banyak terjadi penangkapan para pecandu narkoba di wilayahnya dari pihak kepolisian,”Keadaan ini sangat mencemaskan kami, makanya sosialisasi perangi Narkoba selalu dimarakkan,” terangnya.

Namun, dalam memerangi Narkoba dan menyelamatkan generasi dia mengaku kewalahan. Dia meminta dukungan dan bantuan semua pihak termasuk pemerintah daerah provinsi maupun kabupaten.

“Kami bersama masyarakat sudah bersepakat dengan komitmen untuk mengusir jika ada ditemukan di wilayahnya bandar Narkoba, meskipun pelakunya adalah asli Pauh Kamba,” ungkapnya tegas.

Prosesi launching Nagari Bersinar ini ditandai dengan pemukulan gandang tasa secara bersama-sama, kemudian ditutup dengan penandatangan bersama untuk berkomitmen memerangi dan menolak Narkoba dalam upaya menyelamatkan para generasi bangsa. (ADP)