Pastikan Kelancaran Pilwana, Bupati Tanah Datar Kunjungi Beberapa TPS

198

Padangexpo.com, Tanah Datar -Memastikan pesta demokrasi Pemilihan Wali Nagari (Pilwana) Serentak, Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE, MM meninjau secara langsung situasi ke beberapa Tempat Pemungutan Suara (TPS), Selasa (26/9).

Turut serta mendampingi Bupati, Ketua DPRD Tanah Datar H. Rony Mulyadi Dt. Bungsu, Forkopimda Tanah Datar dan Kota Padang Panjang, Sekda Iqbal Ramadi Payana, Staf Ahli Bupati, para Asisten dan Kepala OPD, Kabag di Lingkup Pemerintah Kabupaten Tanah Datar dan Kakan Kesbangpol dan rombongan lainnya.

Rombongan mengawali kunjungan ke Nagari Sungai Patai Kecamatan Sungayang, kemudian ke Balai Akad Nagari Sumanik Kecamatan Salimpaung, ke Medan Nan Bapaneh Nagari Gurun Kecamatan Sungai Tarab, pasar Rambatan Kecamatan Rambatan, Nagari III Koto Kecamatan Rambatan, Nagari Batu Taba Kecamatan Batipuh Selatan dan Nagari Koto Laweh Kecamatan X Koto.

Bupati Eka Putra mengatakan, kunjungan ke beberapa TPS untuk memastikan pelaksanaan Pilwana berjalan aman dan terkendali.

“Hari ini, ada 54 dari 75 Nagari yang melaksanakan Pilwana Serentak di Kabupaten Tanah Datar. Dan dari peninjauan ke beberapa titik TPS serta laporan petugas di lapangan, Pilwana berjalan relatif aman dan lancar,” sampainya.

Bupati Eka Putra berpesan kepada seluruh Calon Wali Nagari bersama pendukung untuk terus menjaga ketertiban dan keamanan, selama masa pencoblosan ataupun setelah keluar hasilnya.

“Saya himbau calon bersama pendukung untuk mengedepankan prinsip Pilwana Badunsanak, dan memakai pepatah Biduak Lalu Kiambang Batauik, dimana selepas pesta demokrasi, semua kembali bersatu menghilangkan perbedaan selama ini,” pesannya.

Selain itu, Bupati Eka Putra juga menghimbau kepada Calon Wali Nagari yang dinyatakan menang, agar tidak melakukan euforia dan merayakan kemenangan secara berlebihan.

“Kepada yang menang jangan euforia, namun tetap menjaga ketertiban dan keamanan. Bagi yang kalah, jangan bersedih dan tetap semangat,” katanya.

BACA JUGA :  Hadiri Khatam Al-Quran , Bupati Tanggapi Tentang Pelebaran Jalan Talang Tangah - Gurun

Terakhir Bupati menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang turut menyukseskan Pilwana Serentak di Tanah Datar.

“Terima kasih atas partisipasi masyarakat Tanah Datar yang telah menyalurkan hak untuk memilih pemimpin di Nagarinya. Dan terima kasih juga kepada petugas keamanan, seperti jajaran Polres Tanah Datar dan Padang Panjang, TNI, tenaga kesehatan, dan Linmas di Nagari serta pihak lainnya,” tukasnya.

Sementara itu Kapolres Tanah Datar AKBP. Derry Indra bersama Kapolres Padang Panjang AKBP. Donny Bramanto menyampaikan, sampai masa penghitungan suara, kondisi Pilwana di Tanah Datar berjalan aman dan lancar.

“Pantauan dan laporan dari lapangan, Pilwana sampai saat ini berjalan aman dan lancar. Terima kasih atas kerjasama, kerja keras dan dukungan semua pihak,” katanya. (Dwi)