Pemkab Dorong Masyarakat untuk Melakukan Donor Darah

179

Padangexpo.com, Padang Aro – Menyambut Hari Palang Merah Indonesia ke-78, Pemerintah Kabupaten Solok Selatan mendorong seluruh ASN dan masyarakat untuk melakukan kegiatan donor darah, baik dalam acara peringatan ini maupun secara reguler.

Bupati Solok Selatan yang diwakili oleh Asisten 1 Efi Yandri mengatakan mayoritas masyarakat Solok Selatan tidak mengetahui golongan darahnya. Padahal, golongan darah ini merupakan data penting yang akan dibutuhkan sewaktu-waktu.

“Hari ini kita melakukan kegiatan dalam rangka Hari PMI ke-78. Ada kegiatan donor darah dan pemeriksaan golongan darah di Markas PMI Solok Selatan,” kata Efi dalam Apel Gabungan ASN di Halaman Kantor Bupati Solok Selatan, Senin (18/9/2023).

Dalam kesempatan yang sama, Efi juga menyampaikan mengenai target penyerapan Dana Alokasi Khusus (DAK) Peruntukan pada OPD penerima. Disampaikan bahwa setidaknya per 5 Oktober 2023 nanti jumlah serapan dana DAK harus sudah mencapai 75%.

Untuk itu dihimbau kepada OPD dengan tingkat penyerapan DAK yang masih rendah, seperti Dinas Pekerjaan umum, Tata Ruang dan Pertanahan (DPUTRP), Dinas Kesehatan, dan Dinas Pendidikan untuk menyegerakan kegiatan yang sudah diperuntukan dana tersebut.

Terakhir, Efi mengingatkan kembali kepada seluruh elemen nagari se-Solok Selatan untuk terlibat aktif dalam seluruh kegiatan yang dilaksanakan di kabupaten ini. Terlebih dengan akan dilaksanakannya dua gelaran besar tingkat provinsi di Solok Selatan dalam waktu dekat.

“Kami berharap perangkat nagari, Wali Nagari, dan Bamus untuk menyukseskan even provinsi di Solok Selatan,” tandasnya.

Dalam kegiatan ini juga diserahkan sertifikat kepada pendonor darah sukarela dalam rangka Hari PMI ke-78 kepada empat orang penerima. Keempatnya yakni:
– Indra Wijaya Nastin yang telah melakukan donor 69 kali
– Anasrul yang telah melakukan donor 40 kali
– Wino Saputra yang telah melakukan donor 39 kali
– Mesri Harizal yang telah melakukan donor 30 kali

BACA JUGA :  Kadisdukcapil Ikut Mewakili Solok Selatan di MTQ ke-40 Sumbar Cabang Tartil Eksekutif

Dalam apel ini juga turut hadir Asisten III, Staf Ahli, jajaran Kepala OPD, PMR, dan seluruh ASN di lingkup Pemerintah Kabupaten Solok Selatan. (CSR)