Resmikan Penggunaan Mesin Antrian Pasien, Ini Kata Kadis Kesehatan Agam

315

Padangexpo, Agam -Kepala Dinas Kesehatan Kab Agam dr. Hendri Rusdian, M.Kes resmikan pengunaan mesin antrian pasien pertama di Kabupaten Agam pada Puskesmas Biaro Kec Ampek Angkek, Jumat 8/9.

Menurut Kadis, Dinas Kesehatan Kab Agam melalui 23 Puskesmas yang tersebar pada 16 Kecamatan dan 1 RSUD selalu berupaya dalam meningkatkan pelayanan yang berkualitas kepada masyarakat melalui peningkatan sarana prasanan penunjang pelayanan.

Salah satu upaya yang tengah dilakukan adalah, oleh Puskesmas Biaro Kec Ampek Angkek berupa pengadaan mesin antrian pasien, yang telah resmi digunakan bagi pengunjung mulai Jumat 8/9.

Kepala Puskesmas Biaro drg. Eva Gurmila mengatakan bahwa pengadaan mesin antrian pasien ini merupakan sebuah kebutuhan yang sangat mendesak bagi Puskesmas Biaro, menginggat kunjungan pasien yang membludak setiap harinya, rata-rata pasien yang berkunjung dalam memanfaatkan layanan Puskesmas Biaro sebanyak 150 orang setiap harinya.

Selama ini antrian di Puskesmas menjadi masalah yang mengganggu bagi pasien maupun petugas kesehatan, karena dapat mengakibatkan waktu tunggu yang lama, meningkatkan risiko penularan penyakit, dan mengurangi efisiensi layanan kesehatan, “ujar drg Eva.

drg. Eva Gurmila menjelaskan bahwa dengan penggunaan mesin antrian ini sangat bermanfaat sekali baik bagi Puskesmas maupun bagi pengunjung, karena akan membuat antrian pengunjung lebih tertib, karena tidak adanya pengunjung yang antri panjang berbaris. Selain itu, meningkatkan citra pelayanan Puskesmas bagi pengunjung karena telah memberi kemudahan dalam pelayanan dengan memanfaatkan teknologi.

Saat pengunjung datang ke Puskesmas dengan keperluan pelayanan kesehatan, pengunjung terlebih dahulu memasukan nomor BPJS Kesehatan atau NIK pada mesin antrian, kemudian memilih poli pelayanan yang dibutuhkan dan
begitu pengunjung mendapatkan nomor urut berupa tiket dari mesin antrian, mereka dapat langsung duduk di ruang tunggu yang telah disediakan sesuai poli pelayanan yang dibutuhkan, “jelas drg. Eva

BACA JUGA :  Tindaklanjuti SKB Empat Menteri dan SE Gubernur, Pemkab Agam Terbitkan Izin Pelaksanaan Belajar Tatap Muka

Kadis Kesehatan dr. Hendri, menyebutkan bahwa mesin atrian pasien merupakan solusi efektif untuk pelayanan kesehatan yang lebih baik, dimana pengunjung menjadi lebih nyaman dan tertib dalam menunggu poli tujuan yang dibutuhkan dan kedepan kita rencanakan semua Puskesmas akan kita kengkapi dengan mesin atrian pasien ini.
(99-HR)