Sebanyak 10 Delegasi Negara Islam Ambil Bagian Pada WIES 2023

197

Padangexpo.com, Padang – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bersama Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Sumatera Barat (Sumbar) dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar menggelar kegiatan World Islamic Entrepreneur Summit (WIES) 2023 di Kota Padang, 6-9 September 2023.

Kegiatan WIES 2023 yang dilangsungkan di Pangeran Beach Hotel Padang merupakan forum kewirausahaan global pertama yang diselenggarakan Kemenparekraf. Forum tersebut diikuti 10 delegasi negara islam di berbagai penjuru dunia, yani Thailand, Malaysia, Philipina, Spanyol, Vietnam, Singapura, Kuwait, Turki, Arab Saudi dan Qatar.

“Selamat datang di Kota Padang. Kami atas nama Pemerintah Kota Padang sangat senang atas kedatangan bapak dan ibu semua peserta dan juga pembicara dalam forum WIES 2023 yang diselenggarakan di Kota Padang ini,” sebut Wakil Wali Kota Padang Ekos Albar dalam sambutannya pada acara Welcom Dinner yang digelar Pemko Padang dengan peserta dan pembicara WIES 2023, Kamis (7/9/2023) malam.

Ekos menyebut, bahwa saat ini Pemko Padang sangat berkomitmen dan mendukung penuh pengembangan pariwisata halal dan ‘Muslim Friendly Tourism’ yang gencar di promosikan pemerintah pusat melalui Kemenparekraf. Apalagi kata Ekos, pemerintah pusat menargetkan Sumbar menjadi pusat industri halal di Indonesia.

“Untuk itu, dengan siselenggarakannya WIES 2023 yang merupakan hasil kolaborasi pemerintah pusat, daerah dan pentahelix pariwisata ini semoga dapat menjadi salah satu akselerator dalam uapaya mewujudkan Indonesia sebagai pusat halal dunia,” ungkapnya Wawako Ekos.

Ia berharap, even WIES 2023 yang dipusatkan di Sumatera Barat, khususnya Kota Padang dapat menginisiasi lahirnya global muslimpreneur forum yang merupakan asosiasi forum wirausaha muslim pertama di dunia. Menurutnya, even tersebut dapat memberikan peluang bertumbuhnya entrepreneur dan peluang investasi berusaha.

BACA JUGA :  2 ABK Kapal yang Tenggelam di Pasbar, Ditemukan Dalam Keadaan Selamat

“Melalui penyelenggaraan even internasional ini, Sumbar dan Kota Padang dapat dipastikan memperoleh multiplier effect. Untuk itu, bersama WIES mari kita gelorakan semangat kewirausahaan, kolaborasi global dan inklusivitas ekonomi,” katanya.

“Sekali lagi saya mengucapkan selamat datang kepada bapak dan ibu semua peserta dan juga pembicara dalam forum WIES 2023. Saya berharap bapak dan ibu kembali lagi ke Kota Padang setelah iven ini,” pungkasnya(Ken)