Serentak di 50 Kota Di Indonesia, Tanah Datar Dipercaya Menjadi Tuan Rumah Temu Pendidik Nusantara

156

Padangexpo.com, Tanah Datar-Kabupaten Tanah Datar dipercaya menjadi tuan rumah penyelengara Temu Pendidik Nusantara yang disiarkan secara serentak di 50 daerah yang ada di Indonesia. Kegiatan ini digagas oleh Komunitas Guru Belajar Nusantara (KGBN) Kabupaten Tanah Datar, Sabtu (02/09) di Aula SMKN 2 Batusangkar.

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanah Datar Riswandi ini, selain di ikuti oleh ratusan calon Guru Penggerak Angkatan 8 dan 9, juga dihadiri oleh guru-guru utusan dari sekolah yang ada di Tanah Datar.

Ketua KGBN Tanah Datar Metria Eliza, dalam sambutannya mengatakan jika kegiatan ini merupakan acara tahunan yang dilakukan oleh KGBN, yang bertujuan untuk berbagi praktek mengajar oleh guru-guru yang dilakukan secara serentak di 50 daerah se Indonesia.

“Alhamdulillah, berkat kepercayaan KGBN Pusat dan dukungan dari pemerintah daerah, Tanah Datar terpilih sebagai penyelenggara tahun ini,” ungkap Metria Eliza.

Ia menambahkan, Temu Pendidik Nusantara kali ini diharapkan mampu memberikan dampak positif kepada guru-guru khususnya di Tanah Datar dalam melakukan perubahan transformasi pendidikan sesuai dengan tema TPN tahun ini.

Metria Eliza yang juga mendapatkan kesempatan belajar ke Australia tahun ini juga mengharapkan transformasi pendidikan ini nantinya bisa tumbuh berkelanjutan, perubahan pendidikan melampaui ruang kelas.

“Terimakasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung kegiatan ini, terutama bapak bupati Tanah Datar, Kadis Pendidikan dan Kebuadayan atas arahan dan bimbingannya, dan juga Organisasi Ini Budi yang sudah memberikan bantuan bahan ajar untuk sekolah-sekolah yang memiliki gangguan sinyal di Tanah Datar, semoga kami disini dapat menikmati bantuan ini. Tidak lupa pula kami ucapkan tetimaksih kepada ibu Renti Rosmalis dari Yayasan Guru Belajar Jakarta,” tutur Metria Eliza.

BACA JUGA :  Hadiri Semarak Muharram Yatim Fest, Wabup Richi: Semoga Menjadi Penambah Semangat dan Tingkatkan Ilmu Agama

Sementara itu, Riswandi dalam sambutannya juga memberikan apresiasi yang besar kepada KGBN yang telah mempercayakan sebagai salah satu daerah penyelengara Temu Pendidik Nusantara tahun 2023 ini.

Riswandi menambahkan jika kegiatan yang dilakukan KGBN, khususnya KGBN Tanah Datar dapat mendukung peningkatan kompetensi guru di Tanah Datar.

“Ini membuktikan jika para guru yang ada di Tanah Datar memiliki kompetensi dan diakui oleh daerah lain. Dan ini bukti jika kegiatan peningkatan-peningkatan kompetensi selama ini tidak sia-sia, selamat kepada calon Guru Penggerak Perubahan,” ucap Riswandi.

Dilain kesempatan, Renti Rosmalis dari Yayasan Guru Belajar Jakarta mengutarakan bahwa dengan adanya kegiatan ini merupakan salah satu upaya perubahan guru untuk menjadi guru pembelajar.

“Kami sengaja datang mendampingi TPN di Tanah Datar ini ingin mengajak guru yang hadir pada TPN ini dapat mengikuti pekan perayaan TPN yang puncaknya akan dimulai pada awal Oktober 2023 mendatang secara hybrid di Jakarta,” sebut Renti Rosmalis.

Turut hadir dalam kegiatan TPN kali ini, Ketua PGRI Tanah Datar Edial Yuspita, Ketua Komunitas Penggerak Suherman, Pengawas TK/SD Se kabupaten Tanah Datar dan undangan lainnya. (Dwi)