Terima Kunjungan Tim Verifikasi Lapangan TRC di Nagari Tapakih, Bupati Suhatri Bur : Akhirnya ada Nagari Diakui Dunia

290

padangexpo.com (Ulakan Tapakih, Padang Pariaman)

Melalui berbagai persiapan selama satu tahun terakhir akhirnya Nagari Tapakih berhasil masuk sebagai salah satu nagari Tsunamy Ready Community (TRC) yang diakui dunia, hingga sampai pada tahap verifikasi lapangan.

Adapun pelaksanaan Verikasi lapangan dilaksanakan oleh Tim Intergovernmental Oceanographic Commission (IOC) dari United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) untuk melakukan pengecekan terhadap 12 indikator yang telah dipersiapkan oleh Nagari Tapakih sebagai Tsunami Ready Community.

Adapun pelaksanaan Verifikasi lapangan tersebut berlangsung selama 2 (dua) hari tersebut, terhitung dari 4 s.d 5 September 2023 juga tampak dihadiri oleh Kepala Stasiun Geofisika Padang Panjang Suadi Ahadi, Kepala UPT BMKG Sumbar, Camat Ulakan Tapakih, Wali Nagari Tapakih, KOGAMI, KSB Nagari Tapakih, dan tokoh masyarakat di nagari setempat.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur menyambut kunjungan Tim verifikasi lapangan didampingi oleh Kalaksa Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Padang Pariaman Budi Mulya bertempat di Nagari Tapakih pada Senin, (4/9).

Bupati Suhatri Bur mengatakan,”Saya berterima kasih dan bangga, akhirnya akan ada nagari berstatus Tsunami Ready Community di Padang Pariaman yang sudah berstandar internasional dan mendapat pengakuan Unesco,” ungkap Suhatri Bur.

Ardito M. Kodijat selaku Tim Verifikator IOC-UNESCO menjelaskan bahwa kedatangan tim verifikasi lapangan bertujuan untuk melakukan pengecekan terhadap 12 indikator yang telah dipersiapkan oleh Nagari Tapakih sebagai Tsunami Ready Community.

“Apabila memenuhi semua kriteria yang telah ditetapkan, Nagari Tapakih akan menjadi desa/nagari ke 10 di Indonesia dan yang ke 25 di dunia yang mendapat pengakuan dari Unesco sebagai desa/nagari dengan status tsunamy ready community,” terangnya.

Kalaksa BPBD Budi Mulya mengungkapkan, kegiatan verifikasi ini sebagai upaya mewujudkan bagian dari komunitas internasional. Selain itu, Nagari Tapakih telah menjadi bagian dari 10 komunitas di indonesia “Tsunami Ready Community” yang mendapat pengakuan dari National Tsunamy Ready Board (NTRB). (ADP)

BACA JUGA :  Bupati Suhatri Bur Ikuti Evaluasi Program 100 Smart City Tahun 2021 Secara Virtual Bersama Kemenkominfo RI