Terkendala Dana, Pembangunan JUT Piliang-Pandam Masih Berupa Pengerasan dan Pembuatan TPT

243

Padangexpo.com, Tanah Datar -Pelaksanaan pembangunan nagari berupa pengerjaan pembukaan dan TPT jalan Usaha Tani Piliang ke Pandam yang berlokasi di Jorong Koto Panjang, Nagari Sungai Tarab, Kecamatan Sungai Tarab kabupaten Tanah Datar telah usai di kerjakan. Jalan Usaha Tani menggunakan sumber dana dari Dana Desa tahun anggaran 2023, dengan pagu dana Rp. 277.907.650 (termasuk pajak) dengan volume 111.06 M/kubik, sepanjang 400 meter lebih, baru selesai tahap pengerasan saja. Romi Candra, Walinagari Sungai Tarab menjelaskan bahwa anggaran tersebut tidak cukup untuk tahap selanjutnya seperti pengecoran sepanjang jalan itu.

“Sangat di sayangkan karena nagari melalui ADD tidak bisa berturut-turut di anggarkan untuk pengecoran tersebut. Mungkin di tahun 2025 baru bisa di anggarkan. Dengan panjang jalan kurang lebih 450 m, kita masih membutuhkan dana sekitar Rp 150 Jutaan lagi. Tapi kalau melalui pokir anggota dewan untuk di tahun berikutnya, sangat bisa. Dan kita berharap bantuan tersebut bisa turun di 2024 untuk menyelesaikan pekerjaan yang belum selesai ini. Itu harapan kami selaku pemerintahan nagari kepada pemerintah daerah khususnya anggota dewan dan kepada masyarakat dengan adanya pembukaan jalan ini bisa untuk perluasan lahan pertanian dan juga bisa untuk mempermudah akses agar panen pertanian tersebut lebih gampang di jangkau,” papar Romi Candra, Rabu (27/9) di lokasi kegiatan.

Hampir senada, Adrizal selaku Wali jorong Koto Panjang menambahkan dengan adanya pembukaan jalan usaha tani ini semakin memperlancar akses masyarakat khususnya di Jorong Koto Panjang menuju lahan pertanian dan perkebunan mereka.

“Alhamdulillah pak, dengan adanya jalan lingkar ini semakin mempermudah akses untuk ke lahan perkebunan dan pertanian mereka. Sampai saat ini tidak ada masalah dalam pengerjaan jalan usaha tani ini, mulai dari pembebasan lahan, upah serta bahan material sesuai dengan standarisasi Kabupaten Tanah Datar,” jelas Adrizal.

BACA JUGA :  Ini Dia, Titik Pembangunan,Perbaikan dan Peningkatan Serta Pelebaran Ruas Jalan TA 2022 di Tanah Datar

Terakhir, Ikhsanul Hamidi, selaku Kasi Kesejahteraan di Nagari Sungai Tarab menambahkan bahwa awal pembanguna jalan usaha tani ini muncul dari tahun 2018 karena keinginan masyarakat setempat.

“Ini bermula dari usulan tokoh masyarakat Jorong Koto Panjang untuk membuka jalan usaha tani dari Piliang ke Pandam di tahun 2018, dimana saat itu masyarakat sangat membutuhkannya. Hampir seluruhnya masyarakat sepakat untuk membebaskan lahannya. Alhamdulillah saat ini sudah bisa terwujud, namun tetap kita membutuhkan anggaran untuk melanjutkan pengecoran jalan usaha tani ini. Minimal di tahun depan kalau memang ada pokir dari anggota dewan yang mau membantu, Insyaallah semua selesai dan bisa segera di manfaatkan oleh masyarakat kami,” ujar Hamid yang juga sebagai PPKN pada kegiatan tersebut. (Dwi)