Afriansyah Noor, Wamenaker RI: Mudah-mudahan di Bawah Kepemimpinan Eka Putra, Tanah Datar lebih baik dan Maju Lagi

102

Padangexpo.com, Tanah Datar-Dalam kunjungan kerjanya ke Provinsi Sumatra Barat (Sumbar), Wakil Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia (Wamenaker RI) Afriansyah Noor Dt. Rajo Basa bersama Bupati Tanah Datar Eka Putra, Rabu (18/10) mengunjungi Pasar Serikat C Kota Batusangkar.

Kunjungan ke Pasar Serikat C Batusangkar untuk melaksanakan Sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan kepada masyarakat Bukan Penerima Upah (BPU) yang beraktifitas di pasar tersebut.

Diketahui BPU merupakan kepesertaan BPJS ketenagakerjaan yang biasanya diperuntukkan untuk pekerja yang bekerja secara mandiri, seperti pemilik usaha, seniman, dokter, pengacara, freelancer. Serta, pekerja sektor informal misalnya petani, sopir angkot, mitra ojol, pedagang, tukang parkir dan nelayan.

“Saya bersama Bupati Eka Putra dan kanwil BPJS Ketenagakerjaan Riau yang mewakili Sumbar dan Kepri hari ini hadir di sela-sela waktu untuk langsung bertatapuka dengan pedagang yang ada di Pasar Serikat C Batusangkar, yang mana pedagang ini merupakan kategori pekerja bukan penerima upah. Oleh karena itu Kementerian Tenaga kerja bersama BPJS ketenagakerjaan mensosialisasikan agar seluruh pekerja yang bukan penerima upah menghimbau mereka masuk ke BPJS Ketenagakerjaan, hari ini secara simbolis juga kami menyerahkan kartu tanda kepesertaan mereka menjadi anggota BPJS Ketenagakerjaan, saya di dampingi bupati Eka Putra memberikan kepada tukang parkir, pedagang lemang, pedagang kain, sol sepatu, bahkan pedagang telur, mereka ini kita himbau bukan saja mereka, seluruh masyarakat Indonesia dan seluruh orang yang ada di kabupaten Tanah Datar ini agar mereka masuk ke BPJS Ketenagakerjaan sehingga mereka punya proteksi untuk diri dan keluarganya,” jelas Wamenaker pada sesi wawancara.

Lebih lanjut sambungnya, ketika dirinya dan keluarganya terjadi kecelakaan kerja, musibah ataupun sakit, tentunya pemerintah dengan melalui BPJS Ketenagakerjaan bisa memberikan bantuan-bantuan terhadap dirinya dan keluarganya.

BACA JUGA :  Tinjau Kelompok Sasaran Audit Kasus Stunting Tahun 2024, Ini Kata Bunda Asuh Anak Stunting Tanah Datar

“Itu yang kita himbau dan Alhamdulillah, luar biasa sambutan masyarakat dan tentunya masyarakat juga mengapresiasi untuk segera masuk ke BPJS Ketenagakerjaan. Tentunya ini tidak lupa atas kerjasama kita dengan pemerintah kabupaten kota se Indonesia, dan hari ini saya di Kabupaten Tanah Datar yang langsung di dampingi oleh Bupati Eka Putra, mudah-mudahan di bawah kepemimpinan Eka Putra Tanah Datar lebih baik, lebih maju lagi dan tentunya program-program pemerintah yang bersentuhan untuk rakyat banyak bisa di manfaatkan oleh rakyat banyak. Jadi itu yang saya himbau,” lanjut Arfiansyah Noor.

Ketika di tanya soal iuran, Wamenaker menjelaskan bahwa untuk iuran wajib di bayar sendiri oleh peserta bukan penerima upah.

“Untuk iuran sendiri, mereka bayar sendiri karena bukan penerima upah, tapi beberapa pemerintahan kabupaten kota sudah mengapresiasi dengan melakukan dan menjamin serta membayar, hanya Rp. 16.800/bulan. Ini tidak membebani masyarakat. Memang kami mengedukasi, mensosialisasikan program-program ini kepada masyarakat karena memang banyak masyarakat yang belum paham, bukan tidak mau masuk, tapi belum paham, ini kita lakukan memberikan pemahaman dan masukan kepada masyarakat, itu luar biasa,” kata Afriansyah Noor Dt. Rajo Basa. (Dwi)