Buka Festival Adat Salingka Nagari Pagaruyung, Eka Putra: Diharap Berikan Multiplier Effect Kepada Masyarakat

193

Padangexpo.com, Tanah Datar -Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE. MM. membuka secara resmi Program Unggulan (Progul) Satu Nagari Satu Event bertajuk Festival Adat Salingka Nagari Pagaruyung, di Istano Silinduang Bulan, Sabtu (7/10).

Berlangsung dari tanggal 7 sampai dengan 8 Oktober 2023, acara itu dimeriahkan dengan berbagai kegiatan, dari 1000 Lapek Kuniang, Arak-arakan, Makan Bajamba, Jelajah Wisata Alam Pagaruyung, Permainan Anak Nagari dan Lomba Yasinan.

Bupati Eka Putra menyebutkan, digelarnya Festival Adat Salingka Nagari Pagaruyung akan memberikan multiplier effect bagi masyarakat sekitar. Seperti penyelenggaraan Progul Satu Nagari, Satu Event di Nagari-nagari sebelumnya.

“Harapan kita, melalui Festival Adat Salingka Nagari Pagaruyung banyak manfaat yang akan didapat. Tetapi yang paling penting ialah mengenalkan kembali adat, budaya dan kekayaan budaya Nagari Pagaruyung ke Masyarakat,” ujarnya.

Bupati Eka Putra pun mengapresiasi kegiatan tersebut, sebagai bentuk eksistensi seluruh elemen masyarakat Nagari Pagaruyung yang berupaya melestarikan adat dan budaya daerahnya.

“Event yang kedua kalinya digelar ini, sebagai bentuk kepedulian masyarakat Nagari Pagaruyung pelestarian adat dan budaya. Selain, wadah memperkenalkan UMKM yang akan meningkatkan ekonomi masyarakat,” ujaranya.

Bupati Eka Putra mengajak masyarakat berperan aktif mempromosikan seluruh kegiatan selama pergelaran Festival Adat Salingka Nagari Pagaruyung melalui media sosial masing-masing.

“Begitu banyak potensi wisata di Nagari Pagaruyung ini. Untuk itu, kita mengajak masyarakat memviralkan selama kegiatan di Festival Adat Salingka Nagari Pagaruyung. Mudah-mudahan acara ini, memberi dampak positif bagi masyarakat Pagaruyung khususnya dan Tanah Datar umumnya,” ujarnya.

Sementara itu, Daulat Yang Dipertuan Rajo Alam Pagaruyung Darur Qoror Sultan dr. H. M. Farid Thaib Tuanku Abdul Fatah mengucapkan rasa terima kasihnya atas terselenggaranya Festival Adat Salingka Nagari Pagaruyung melalui Progul Satu Nagari Satu Iven.

BACA JUGA :  Tinjau Ruas Jalan Provinsi Yang Rusak di Kabupaten Tanah Datar, Ini Kata Gubernur Sumbar

“Alhamdulillah, melalui kegiatan ini masyarakat dapat memanfaatkan fasilitas dilingkungan Istano Silinduang Bulan, yang memang diperuntukan bagi masyarakat. Dan, Terima kasih ke Pemerintah Daerah atas telenggaranya kegiatan ini,” ujarnya.

Dikesempatan yang sama, Tokoh Masyarakat Eri Hendri. S.P berharap Festival Adat Salingka Nagari Pagaruyung dapat berjalan dengan lancar mulai dari pembukaan hingga penutupan acara tersebut.

“Momen ini, dianggap penting untuk membangkitkan adat dan budaya di Nagari Pagaruyung. Semoga dampak baiknya, dapat dirasakan masyarakat secara langsung. Dan, mudah-mudahan acara ini berjalan dengan baik,” ujarnya.

Menambahkan yang disampaikan itu, Wali Nagari Pagaruyung Irmaidinal, Dt. Mogek mengatakan Festival Adat Salingka Nagari Pagaruyung sebagai wadah bagi anak nagari untuk menjalin silaturahmi satu dengan lainnya.

“Kita yakin dan percaya, Festival Adat Salingka Nagari Pagaruyung akan berdampak baik untuk masyarakat Nagari Pagaruyung. Beberapa diantaranya, yakni melestarikan adat dan budaya, meningkatnya ekonomi masyarakat dan terjalinnya tali silaturahmi masyarakat Nagari Pagaruyung,” ujarnya.

Tampak hadir dikesempatan itu, Bundo Kanduang Sumatera Barat, Puti Reno Raudhatul Jannah Thaib Yang Dipertuan Gadih Pagaruyuang, Ketua DPRD Tanah Datar H. Ronny Mulyadi Dt. Bungsu, Ketua TP PKK Tanah Datar Ny. Lise Eka Putra, Ketua GOW Tanah Datar Ny. Patty Richi Aprian, Camat Tanjung Emas Zulkifli Idris, KAN, BPRN, Ninik Mamak, Bundo Kanduang, Tokoh Masyarakat dan Tamu undangan Lainnya. (Dwi)