Bupati Khairunas Resmi Buka Pelatihan Jurnalistik Tingkat SLTA dan Karya Latihan Wartawan Bagi Insan Jurnalis dan OPD

196

padangexpo.com (Padang Aro, Solok Selatan)

Bupati Solok Selatan H. Khairunas kembali menegaskan pentingnya keterbukaan informasi terkait dengan program-program pemerintah. Hal ini dilakukan agar masyarakat bisa mengetahui dan memahami mengenai program-program yang dilaksanakan sekaligus memberikan edukasi kepada masyarakat.

Hal ini disampaikan Khairunas dalam pembukaan Pelatihan Jurnalistik Tingkat SLTA dan Karya Latihan Wartawan Bagi Insan Jurnalis dan OPD oleh PWI Solok Selatan di Aula Sarantau Sasurambi, Kantor Bupati Solok Selatan, Kamis (26/10/2023).

“Saya himbau terus berikan informasi pergerakan dan aktivitas pemerintah di setiap platform sehingga masyarakat merasakan bahwa pemerintah hadir di tengah masyarakat,” kata Khairunas dalam kesempatan tersebut.

Selain itu Bupati juga berharap dengan upaya keterbukaan tersebut masyarakat bisa makin cerdas dalam menyaring informasi yang beredar melalui media sosial.

Dalam kesempatan ini, dirinya juga menyampaikan bahwa sebagai jurnalis yang menyampaikan informasi kepada masyarakat, diharapkan pesan yang disampaikan akurat, berimbang, aktual, dan dapat dipertanggungjawabkan.

“Untuk memenuhi standar tersebut ada tata cara dan standar kode etik yang harus dipegang tegus sehingga informasi yang disampaikan kepada masyarakat pun layak untuk dikonsumsi,” ungkapnya.

Untuk itu dalam pelatihan tersebut dapat menghasilkan wartawan dan ASN juga generasi muda yang sama persepsi dan pemahamannya dalam menyampaikan informasi.

Terakhir, disampaikan bahwa seluruh insan yang berkecimpung dalam dunia informasi harus beradaptasi dengan digitalisasi. Karena dengan perkembangan teknologi saat ini, seluruh orang dapat mengakses informasi kapanpun dan dimanapun.

Pelatihan ini menghadirkan narasumber dari PWI Sumatera Barat dan jurnalis senior. Diikuti oleh siswa tingkat SLTA se-Solok Selatan, pengelola media sosial OPD, dan wartawan.

Kegiatan pembukaan turut dihadiri Wakil Bupati H Yulian Efi, Ketua PWI Sumatera Barat Basyir Basyar beserta jajarannya, Forkopimda, Sekdakab, Asisten, Staf Ahli dan Kepala OPD, Pimpinan Perusahaan dan Instansi lainnya. (d79/kmf)

BACA JUGA :  Hasil Uji Swab Keluar, 1 Orang Lagi Dinyatakan Positif Covid di Solsel