Eka Putra : Konversi Konvensional ke Syariah Tak Semudah Membalik Telapak Tangan

229

Padangexpo.com, Tanah Datar -Bupati Tanah Datar Eka Putra melaunching BPRS (Bank Perkrediran Rayat Sariah) Balerong Bunta di Masjid Raya Rao-Rao Kecamatan Sungai Tarab, Senin (15/10) setelah selama ini menggunakan sistem Bank konvensional.

“Saya mengucapkan selamat atas di launchingnya PT.BPR Syariah Balerong Bunta dan hal ini merupakan kebanggaan kita semua, karena apa yang kita peroleh tentunya tidak semudah apa yang kita bayangkan,” kata Bupati pada kata sambutannya.

“Tadi kita sudah sama-sama mendengar perjalanan BPR Syariah melalui perjuangan atau perjalanan yang cukup panjang, dengan penuh semangat. Tentunya kami berharap dengan sudah adanya Bank Syariah di Rao-Rao tahun ini bisa membantu atau menyukseskan program-program Pemerintah Kabupaten Tanah Datar,” lanjut Eka Putra.

Sebelumnya Komisaris Utama PT.BPR Syariah Balairung Bunta Syaiful Zein telah menyampaikan sejarah panjang bank tersebut. Menurutnya, lembaga keuangan ini lahir tahun 1987 dengan nama LPN (Lumbung Pitih Nagari) Balairung Bunta yang waktu itu dipimpin almarhum Syamsuar Aman.

“Semulanya LPN ini berjalan cukup sukses, tetapi kemudian mengalami kemunduran, bahkan nyaris ditutup, jika tidak diselamatkan sejumlah tokoh masyarakat, baik yang berada di kampung maupun di rantau,” tutur Syaiful menambahkan.

Ia menjelaskan, pada tanggal 7 Agustus 2023 BPR Balairung Bonta mendapat kepercayaan dari OJK (Otoritas Jaminan Keuangan) untuk menjadi PT.BRR Syariah Balairung Bunta yang Insya Allah sebentar lagi akan dilaunching Bupati Tanah Datar.

Hampir senada, Wali Nagari Rao-Rao Drs.Fahmi Muhammad merasa bangga atas dilaunchingnya PT.BPR Syariah Balairung Bunta, karena dari 3 BPR Syariah di Tanah Datar satu diantaranya berada di Rao-Rao.

“ Saya mengajak bapak dan ibuk yang hadir ini ikut menanamkan saham di BPRS Balerong Bunta agar dapat berkembang dengan baik,” kata Fahmi. (Dwi)

BACA JUGA :  Buka Rapat Kerja Bersama Wali Nagari, Wabup Harap Terjalin Koordinasi Yang Baik