Eka Putra: Tak Hanya Tingkatkan Pariwisata Tanah Datar, Pacu Jawi Juga Berperan Sebagai Pelestarian Adat dan Budaya

222

Padangexpo.com, Tanah Datar -Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE, MM menegaskan ia akan selalu mendukung penuh pelaksanaan alek nagari pacu jawi

“Alek Pacu Jawi merupakan salah satu atraksi budaya masyarakat yang mampu menjadi daya tarik wisatawan berkunjung, hal ini tentunya sejalan dengan upaya kita meningkatkan sektor pariwisata di Tanah Datar,” kata Eka Putra, Sabtu (7/10) saat menutup alek tersebut di sawah Siburik Jorong Manganiang Nagari Parambahan Kecamatan Lima Kaum.

Karena itu, tambah Bupati lagi, saya menyampaikan ucapan dan ungkapan terima kasih kepada panitia pelaksana dan juga PORWI Tanah Datar serta pecinta pacu jawi sehingga kegiatan berjalan baik.

“Tentunya, di kesempatan berbahagia ini Saya menyampaikan terima kasih atas kerja keras dan kerjasama semua pihak, sehingga Alek Pacu Jawi dapat dilaksanakan dengan baik dan juga memiliki jadwal pelaksanaan yang pasti, sehingga sangat membantu wisatawan domestik ataupun manca negara untuk menikmati alek kebanggaan masyarakat Tanah Datar ini,” sampainya.

Terakhir Bupati Eka Putra mengungkapkan, alek pacu jawi selain untuk menjalin kelestarian adat dan budaya, juga mampu meningkatkan perekonomian masyarakat.

Sebelumnya Wali Nagari Parambahan Robi Yasdi menyampaikan ucapan dan ungkapan terima kasih atas kesediaan Bupati Tanah Datar untuk menutup alek pacu jadi di Nagari Parambahan.

“Terima kasih atas kehadiran pak Bupati bersama rombongan untuk menutup Alek Pacu Jawi ini. Alhamdulillah selama beberapa minggu pelaksanaan berjalan aman lancar dan sukses,” sampainya.

Hal hampir sama disampaikan Ketua Porwi Tanah Datar Aristo Dt. Indomo yang juga menyampaikan terima kasih atas kehadiran Bupati untuk menutup Alek Pacu Jawi di Nagari Parambahan.

“Saya mengikuti informasi kegiatan pak Bupati, dan memang di sela kesibukan beliau masih menyempatkan diri hadir untuk menutup acara ini. Terima kasih pak, Insya Allah, Sabtu depan Alek Pacu Jawi akan dilaksanakan di Nagari III Koto Kecamatan Rambatan,” sampainya.

BACA JUGA :  Hadir Sebagai Narsum Dalam Kegiatan Pelatihan Oleh Dispora Sumbar, Bupati Eka Putra Berharap Para Generasi Harus Siap Bersaing

Turut hadir Staf ahli Bupati, Camat Lima Kaum bersama Forkopimca, Bupati sisa masa jabatan 2020-2021 Zuldafri Darma, tokoh masyarakat setempat dan undangan lainnya. (Dwi)