Kunjungi Pasar Serikat C Batusangkar, Wamen Naker RI Sosialisasikan BPJS Ketenagakerjaan

54

Padangexpo.com, Tanah Datar-Dalam kunjungan kerjanya ke Provinsi Sumatra Barat (Sumbar), Wakil Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia (Wamenaker RI) Afriansyah Noor Dt. Rajo Basa bersama Bupati Tanah Datar Eka Putra, Rabu (18/10) mengunjungi Pasar Serikat C Kota Batusangkar.

Kunjungan ke Pasar Serikat C Batusangkar untuk melaksanakan Sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan kepada masyarakat Bukan Penerima Upah (BPU) yang beraktifitas di pasar tersebut.

Diketahui BPU merupakan kepesertaan BPJS ketenagakerjaan yang biasanya diperuntukkan untuk pekerja yang bekerja secara mandiri, seperti pemilik usaha, seniman, dokter, pengacara, freelancer. Serta, pekerja sektor informal misalnya petani, sopir angkot, mitra ojol, pedagang, tukang parkir dan nelayan.

Selepas menyerahkan kartu BPJS Ketenagakerjaan secara simbolis, Wamen Naker Afriansyah Noor mengajak semua masyarakat, terutama masyarakat BPU Tanah Datar untuk menjadi anggota BPJS Ketenagakerjaan.

“Banyak manfaat yang bisa dirasakan peserta BPJS, dengan membayar iuran Rp16.800 peserta akan dijamin biaya berobat akibat kecelakaan kerja, ada juga beasiswa pendidikan, bahkan nantinya juga ahli waris akan menerima santunan kematian Rp.42 juta,” sampainya.

Wamen Afriansyah Noor menyampaikan, kegiatan ini sebagai bentuk upaya memotivasi dan menyebar informasi kepada masyarakat tentang BPJS Ketenagakerjaan.

“Dengan BPJS Ketenagakerjaan memberikan perlindungan bagi pesertanya dalam melaksanakan aktivitasnya. Untuk Tanah Datar ini sendiri, Saya menyampaikan apresiasi karena cukup baik dalam melaksanakan BPJS Ketenagakerjaan, bahkan tahun ini ada ratusan BPU yang diikutkan,” sampainya.

Sementara itu Bupati Eka Putra menyampaikan selamat datang kepada Wamen Naker RI dan menyampaikan Tanah Datar sangat mendukung program BPJS Ketenagakerjaan di Tanah Datar.

“Terima kasih atas kedatangan pak Wamen bersama rombongan, mohon maaf kalau ada kekurangan. Insya Allah, Tanah Datar siap mendukung pelaksanaan BPJS Ketenagakerjaan ke depan,” sampainya.

BACA JUGA :  Wawancara Eksklusif Dengan Aspri Agung Kosgoro. Tak Kenal Maka Tak Sayang

Untuk tahun ini, tambah Eka Putra, Pemerintah Tanah Datar telah mengalokasikan untuk 900 peserta baru keikutsertaan dalam BPJS Ketenagakerjaan.

“Secara bertahap kita akan terus berupaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk ikut program ini, karena BPJS Ketenagakerjaan bisa membantu meringankan beban masyarakat yang tertimpa musibah,” ujarnya.

Di kesempatan itu Deputi Direktur BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Sumbar Riau Eko Yuyulianda menyampaikan, kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan di Tanah Datar cukup tinggi.

“Untuk program BPJS Ketenagakerjaan Penerima Upah atau pegawai, Tanah Datar termasuk terbaik di Sumbar dengan angka 83 persen, sedangkan untuk BPU masih diangka 12 persen. Ini tentunya butuh kerjasama kita ke depan untuk lebih meningkat lagi,” tukasnya.

Turut hadir Asisten Pemerintahan dan Kesra Elizar, kepala OPD di lingkup Pemkab Tanah Datar, Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Tanah Datar Zulkifli, Kacab BPJS Ketenagakerjaan Bukittinggi Iddial dan undangan lainnya. (Dwi)