Pemko Bukittinggi Sambut Kedatangan Peserta Internasional Conference and The 11th Congress of The Entomological Society of Indonesia 2023

232

padangexpo.com (Bukittinggi)

Pemerintah Kota (Pemko) Bukittinggi sambut peserta Kongres Internasional Conference and The 11th Congress of The Entomological Society of Indonesia (ICCESI) 2023.

Kedatangan rombongan para ahli entimology dari Indonesia, Malaysia, Jepang, Filipina dan Australia itu disambut oleh Wali Kota Bukittinggi yang diwakili Sekretaris Daerah Kota Bukittinggi Martias Wanto, di Balairung rumah dinas wako, Minggu (01/10-23).

Wali Kota Bukittinggi, melalui Sekda, Martias Wanto, menyampaikan, Bukittinggi memiliki lua 25 km². Kota kecil ini ditempati 130 ribu lebih jiwa dan siang hari bisa mencapai 500 ribu jiwa. Namun demikian, Bukittinggi tetap menjadi salah satu kota tujuan wisata utama di Sumatera Barat.

“Bukittinggi memiliki warisan sejarah kemerdekaan Indonesia. Tentunya kami berharap, setiap tamu yang datang ke Bukittinggi dapat menikmati kenyamanan di kota ini,” ujar Martias Wanto.

Sekda mengatakan, kali ini, Bukittinggi dikunjungi para ahli entymologi, dalam rangka bertukar ide, pengetahuan dan pengalaman tentang serangga dan spesies mereka yang benar-benar menginspirasi.

“Selamat datang kepada The 2nd Internasional Conference and The 11th Congress of The Entomological Society of Indonesia (ICCESI) 2023 di Bukittinggi,” kata Sekda.

Ketua Penghimpun Entimology Indonesia, Prof. Dr. Dadang, menyampaikan, sekitar 230 peserta dari seluruh dunia berkumpul untuk mengikuti kongres ICCESI 2023. Kali ini kongres mengangkat tema “Mengurangi Perubahan Iklim melalui Penggunaan Serangga yang Menguntungkan untuk Mendukung Ekosistem Berkelanjutan dan Keamanan Makanan”.

“Serangga penting untuk kehidupan. Tidak ada serangga tidak ada masa depan. Kita harus.manfaatkan serangga yang berguna untuk kehidupan. Di lingkungan kita begitu banyak serangga. Mereka bisa bermanfaat bisa juga merugikan.

Disitulah peran entimology dibutuhkan, bagaimana merumuskan pengendalian hama yang baik.

BACA JUGA :  DPR RI Sahkan Perppu 1/2020 Corona Menjadi UU

Hasil kongres, tentunya sangat dibutuhkan oleh para peneliti dan juga mahasiswa. “Kita berharap mereka menjadi entimology yang hebat di masa depan,” ujar Dadang.

Adapun sembilan negara yang hadir dalam kongres ini. Malaysia, Filipina, Jepang, Australia, India, Uni Emirat Arab, Pakistan, Amerika Serikat serta juga beberapa kota dan Provinsi di Indonesia seperti Medan, Padang, Riau, Palembang, Lampung,

Jambi, Bengkulu, Bandung, Bogor, Yogyakarta, Malang, Bali, Kalimantan, Makassar, Nusa Tenggara Barat (NTB), dan Papua. (fadhil)