Pemko Serahkan Bantuan Untuk Anak Yatim Piatu dan Evaluasi Kinerja PSM dan Tagana

322

padangexpo.com (Bukittinggi)

Wali Kota Bukittinggi evaluasi kinerja Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) dan juga Taruna Siaga Bencana (Tagana), untuk triwulan lIl. Dalam kegiatan ini juga diserahkan bantuan untuk yatim piatu, di Balairung rumah dinas wako, Selasa (03/10-23).

Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar, menyampaikan, pemerintah terus memperhatikan korban terdampak covid-19. Masih ada bantuan-bantuan bagi mereka yang menjadi keluarga terdampak virus tersebut.

“Alhamdulillah, dari pusat ada bantuan untuk anak-anak yang orang tuanya meninggal karena covid- 19, beberapa tahun lalu. Kita serahkan bantuannya Rp 600 ribu per anak,” jelas Erman Safar.

Terkait evaluasi kader PSM dan tagana, Wako berpesan agar dalam mengabdi di tengahmasyarakat, bekerja dengan baik. Bergerak ketengah masyarakat, tanpa membeda-bedakan.

“Jika memang pantas dibantu, data dan laporkan. Jangan rusak image kader PSM. Bekerjalah tulus dan sesuai aturan,” tegas Wako.

Wako juga membocorkan sedikit beberapa program yang tengah disiapkan Pemerintah Kota. Hal ini butuh kerja keras kader PSM, agar dapat memberikan data yang benar benar valid.

“Masih ada program program kemasyarakatan lainnya, yang akan kita launching. Masih dalam proses, nanti kita sampaikan. Data dari kader sangat dibutuhkan. Jangan sampai salah sasaran, harus benar benar orang yang layak dibantu dan membutuhkan,” ujar Wako.

Kepala Dinas Sosial Syanji Faredy, menjelaskan,tali kasih untuk PSM diberikan, karena mereka merupakan relawan sosial, yang pekerjaannya berhubungan dengan kesejahteraan sosial. Ada empat sektor pekerjaan PSM, rehabilitasi sosial, perlindungan sosial jaminan sosial dan pemberdayaan sosial.

Pilar -Pilar Sosial untuk kali ini khusus bagi Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) dan Taruna Siaga Bencana (Tagana). Evaluasi dan penyerahan tali asih ini, dilaksanakan dalam rangka peningkatan kualitas Pilar- Pilar Sosial Kota Bukittinggi guna tercapainya penyelenggaraan kesejahteraan sosial yang lebih merata dan tepat sasaran.

BACA JUGA :  KPK Geledah dan Sita Dokumen Pada 4 Lokasi di Batam  

“Ada 300 PSM di Bukittinggi yang kita berikan Rp 400 per bulan, 30 Tagana diberikan Rp 200 ribuper bulan, untuk triwulan III 2023 ini. Selain itu, ada15 anak yatim piatu yang orang tuanya meninggal karena covid-19 dan masuk dalam DTKS. Bantuan dari pusat ini, diberikan sebesar Rp 600 ribu per orang,” jelas Syanji Faredy. (fadhil)