Wako Bukittinggi Hadiri Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata dan Simulasi Sispamkota Pemilu 2024

340

padangexpo.com (Bukittinggi)

Polresta Bukittinggi apel gelar pasukan dalam rangka Operasi Mantap Brata.2023-2024 dan Simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) Pemilu 2024. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Lapangan Wirabraja, Selasa (17/10-23).

Kapolresta Bukittinggi, Kombes Pol. Yessi Kurniati, membacakan pidato Kapolri. Dalam pidatonya, Kapolri menyampaikan, apel gelar pasukan, merupakan bentuk pengecekan pasukan terakhir, jelang pelaksanaan pemilu 2024.

Tahun depan, merupakan momen penting dalam menentukan masa depan bangsa dan negara, karena pemilu dilaksanakan serentak di tahun yang sama.

“Oleh sebab itu, Polri didukung TNI, kementrian, lembaga, instansi terkait dan mitra lainnya, gelar operasi mantap brata 2023-2024. Operasi ini dilaksanakan selama 222 hari sejak 19 Oktober 2023 hingga 20 Oktober 2024, diikuti 261.695 personil seluruh Indonesia, guna amankan seluruh tahapan pemilu,” ujar Kombes Pol. Yessi Kurniati.

Kapolresta mengatakan, untuk wilayah hukum Polresta Bukittinggi sendiri, Operasi Mantap Brata 2023-2024, diikuti oleh 310 personil Polresta Bukittinggi.

“Nantinya akan ada personil tambahan dari tim gabungan, TNI, Satpol PP, Dishub dan lainnya. Tergantung tahapannya nanti. Intinya semua disiapkan untuk mengawal dan mengamankan tahapan pemilu 2024,” kata Kapolresta.

Sementara itu, Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar, menyampaikan, kesiapan Pemko Bukittinggi untuk menyambut pelaksanaan pemilu 2024. Tentunya, setiap pelaksanaan nanti yang membutuhkan tenaga dan dukungan dari Pemko Bukittinggi akan disiapkan.

“Karena kami forkopimda juga punya kewajiban untuk mengamankan pemilu, agar berjalan seperti yang diharapkan,” ujar Erman Safar.

Dalam kesempatan itu, Polresta Bukittinggi juga menggelar simulasi pengamanan pemilu 2024.

Mulai dari tahapan kampanye, masa tenang pencoblosan dan penghitungan suara. Antisipasi bagaimana seandainya terjadi kericuhan, juga dilaksanakan, sehingga setiap personil paham bagaimana mengamankan proses pemilu 2024 mendatang.(fadhil)

BACA JUGA :  Wali Kota Bukittinggi Apresiasi "Pelaksanaan HDCI SBW 2022" yang Dapat Mendongkrak Perekonomian Masyarakat