Aksi Sosial Bela Palestina,Tanah Datar Kumpulkan Donasi 609 Juta Rupiah Lebih

185

Padangexpo.com, Tanah Datar -Aksi sosial bela Palestina yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Tanah Datar melalui Surat Edaran Bupati, berhasil mengumpulkan donasi sebanyak Rp609.747.600.

Donasi tersebut diserahkan langsung oleh Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE, MM kepada Pimpinan Pusat Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) yang diterima oleh Wakil Ketua Umum BKPRMI Yeyen Munawar, Selasa (14/11) di gedung Indojolito Batusangkar.

Hadir juga pada kesempatan tersebut Asisten Pemerintah dan Kesra Elizar, Kepala Kementerian Agama Tanah Datar, Kepala Dinas Sosial dan PPA H. Afrizon, Plt. Kepala Dinas Pendidikan Hendri Abbas dan pimpinan Ormas Islam se Tanah Datar.

Ketua Pelaksana donasi untuk peduli Palestina H. Afrizon menyampaikan, donasi yang terkumpul ini berasal dari berbagai kalangan, mulai dari ASN Tanah Datar, Guru dan siswa, Ormas dan juga masyarakat.

“Alhamdulillah, sungguh diluar dugaan, panitia sampai saat sudah mengumpulkan Rp 609.747.600, Kita serahkan kepada DPP BKPRMI untuk disalurkan. Akan tetapi saat ini masih ada yang mengirimkan donasinya ke panitia, untuk itu kami sepakati ini untuk penyaluran berikutnya,” ujarnya.

Di kesempatan itu, H. Afrizon juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh masyarakat Tanah Datar yang telah menyalurkan donasi kepada Pemerintah Daerah. “Kami berharap, semoga donasi ini bisa membantu meringankan beban rakyat Palestina,” tukasnya.

Hal senada juga disampaikan Wakil Ketua Umum BKPRMI Yeyen Munawar. Dia juga berjanji akan menjaga kepercayaan yang diberikan oleh Pemda Tanah Datar.

“Semoga donasi yang di kumpulkan masyarakat Tanah Datar menjadi Mujahid sebagai bukti persaudaraan kita dengan sesama muslim di Palestina. Kami merasa terharu mendapatkan kepercayaan ini dari Pemerintah Kabupaten Tanah Datar. Kami berjanji akan tetap mempertahankan kepercayaan ini dengan tidak memotong sepeserpun dari jumlah donasi ini, semuanya akan kami sampaikan kepada rakyat Palestina,” ungkapnya.

BACA JUGA :  Usai Pimpin Apel Gabungan Awal Tahun 2023, Bupati Tanah Datar Kunjungi Beberapa OPD

Yeyen juga mengatakan, donasi ini merupakan rekor tertinggi dengan jumlah terbesar yang diterima DPP BKPRMI yaitu Rp609.747.600.

“Kami akan langsung salurkan bantuan ini. Begitu terkumpul akan langsung kami serahkan melalui perwakilan resmi HAMAS yang ada di Kuala Lumpur, sebab rakyat Palestina per detik, per menit sangat membutuhkannya,” terangnya.

Diakhir penyampaiannya, Yeyen juga tidak lupa menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati beserta seluruh jajarannya dan juga kepada seluruh masyarakat Kabupaten Tanah Datar yang telah menyalurkan sebagian hartanya didonasikan untuk rakyat Palestina.

Sementara itu, Bupati Eka Putra menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Tanah Datar mengutuk keras invasi militer United Israel ke jalur Gaza Palestina.

“Negara kita dan Kabupaten Tanah Datar tidak menerima segala bentuk penjajahan sesuai namanya kezaliman yang dilakukan oleh suatu kelompok terhadap suatu bangsa apalagi secara jelas dalam Undang-undang Dasar negara Republik Indonesia menyebutkan penjajahan di atas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan peri kemanusiaan dan peri keadilan”, tegas Bupati Eka Putra.

Bupati Eka Putra juga menyampaikan duka yang sangat mendalam terhadap apa yang sedang dialami oleh saudara-saudara di Palestina, karena akibat invasi militer Israel, lebih 11.000 jiwa telah menjadi korban dan hampir setengahnya adalah anak-anak yang tidak berdosa.

“Alhamdulillah, melalui surat edaran, kami mengetuk hati seluruh umat muslim di Tanah Datar untuk menyisihkan sebagian hartanya dan didonasikan kepada rakyat Palestina. Saat ini sudah terkumpul Rp. 609.747.600 dan ini kami percayakan kepada DPP BKPRMI pusat untuk menyalurkannya kepada rakyat Palestina,” kata Bupati Eka.

Bupati Eka juga berharap, dana bantuan dari masyarakat Tanah Datar ini bisa segera disalurkan sehingga bermanfaat untuk membantu meringankan beban rakyat Palestina.

BACA JUGA :  Keberadaan Paguyuban Keluarga Jawa Prasetya Eka Sasanti, Bukti Kebhinekaan dan Suku Adat yang Bergandengan

“Mudah-mudahan apa yang kita perbuat ini bermanfaat bagi kita yang di sini maupun yang di Palestina dan akan menjadi ibadah dan pahala kita di akhir nantinya,” ucapnya.

Di ksempatan tersebut, Bupati Eka Putra juga kembali menghimbau kepada seluruh masyarakat Tanah Datar kembali mengumpulkan donasi untuk penyaluran tahap 2.

“Kami Pemerintah Tanah Datar masih menerima donasi, infak, sedekah dan wakaf untuk saudara kita di Palestina,” pungkasnya sembari mengajak seluruh masyarakat Tanah Datar yang berada di ranah maupun di rantau. (Dwi)