Bertemakan Pesona Budaya Singgahan Alang, Event Nagari Singgalang Sedot 5.000 Pengunjung

211

Padangexpo.com, Tanah Datar -Peresmian Progul satu nagari satu event di Nagari Singgalang yang bertemakan Pesona Budaya Pasinggahan Alang, Sabtu (18/11) oleh Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE.MM, di meriahkan oleh berbagai pertunjukan dan seni tari dari anak Nagari Singgalang. Eka Putra sangat bangga dan mengapresiasi dengan apa yang di suguhkan oleh anak nagari dan panitia pelaksana.

“Kami dari pemerintah Kabupaten Tanah Datar mengucapkan selamat dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Walinagari dan panitia serta masyarakat, lembaga unsur, tim kurator dan tentunya donatur yang ikut mengangkat, menggali potensi anak nagari dalam even pesona budaya Singgahan Alang ini. Mari kita berikan applaus pada masyarakat Nagari Singgalang Kecamatan X Koto,” ujar Bupati Eka Putra pada kata sambutannya.

Kemudian lanjutnya, acara ini sungguh luar biasa, karena di hadiri oleh tokoh-tokoh nasional dan pengunjungnya yang hadir saat ini lebih kurang 5000 orang.

“Ada point’ yang harus kita ambil di sini. Yang pertama dari tadi belum pernah di sebut, satu nagari satu event ini selain untuk menggali potensi anak nagari juga menggali kuliner-kuliner tempo dulu yang sudah hilang, kini kembali lagi muncul dan di pamerkan di stan-stan pengunjung kita. Yang kedua, saya apresiasi tari kolosalnya, Lobak Singgalang. Saya janjikan nanti tari ini akan tampil di acara Pesona Minangkabau pada tanggal 7 Desember 2023 nanti di Istana Basa Pagaruyung yang akan di hadiri oleh 58 negara di dunia ini. Perlihatkan pada dunia internasional bahwa di Tanah Datar ada tari kolosal yang bernama Lobak Singgalang. Ini sangat luar biasa dan kami sangat mengapresiasi ini,” sambung Bupati Eka.

“Saya juga mengajak tidak hanya di tempat ini saja, masih banyak lokasi destinasi wisata di tempat ini yang perlu di expose, seperti Puncak Sikadunduang, Negeri di Atas Awan, Pemandian Tuanku Lareh, dan masih banyak lagi. Mari kunjungi destinasi wisata di Tanah Datar dan khususnya di Nagari Singgalang ini.
Dan tahun 2024 kita selesaikan akses jalannya 1 Km lagi sehingga transportasi petani kita akan lancar kedepannya.
Melalui event ini, terjadinya konsolidasi budaya, terjadinya transformasi ilmu dari Angku Ninik Mamak ke keponakannya, melalui Bundo Kanduang ke generasi muda, melalui event ini seluruh potensi bisa kita tampilkan, potensi di kemas dengan baik dan di promosikan dengan profesional. Juga dengan adanya stan-stan UMKM ini bisa meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar dalam event nagari ini,” imbuhnya.

BACA JUGA :  Ringankan Beban Masyarakat, Bank Nagari Berikan Bantuan Sembako

“Bersama dengan pemerintah daerah dan pemerintahan nagari, masyarakat , tokoh alim ulama dan pemudanya, mari kita bangun nagari ini lebih baik kedepannya,” pungkas Bupati Eka Putra.

Hadir pada acara tersebut Anggota DPRD Provinsi Sumbar, Mesra, Ketua DPRD Kabupaten Tanah Datar, H. Rony Mulyadi, SE. Dt Bungsu beserta istri, Anggota DPRD kabupaten Tanah Datar, Angku Dt. Rajo Lenggang selaku tuan rumah, Nova Hendria, Dedi Irawan dan Beni Remond, Ketua TP PKK Tanah Datar, Ny. Lise Eka Putra, juga hadir Ketua TP PKK Kabupaten Dhamasraya, Ny. Dewi Sutan Riska Tuangku Kerajaan, Kabid Jarah Hitras Sumbar, Fadli Joneidi, S. STP, kepala OPD lingkup Kabupaten Tanah Datar, Camat se Kabupaten Tanah Datar, Forkopimca, Kapolsek juga Danramil X Koto, Walinagari se Kecamatan X Koto, Ketua KAN se kecamatan X Koto, tokoh perantau, Soni Jendrizal Idrus Dt. Pangulu Intan, tokoh Srikandi kita, Edriana, hadir juga Alex Saputra, Kepala Jorong, Pokdarwis serta Panitia satu event satu nagari.
Program unggulan ini berkat dukungan penuh dari ketua dan anggota DPRD Kabupaten Tanah Datar. (Dwi)