Bupati Tanah Datar Berkunjung  Ke Otorita IKN

196

Padangexpo.com, Balikpapan-Setelah sehari sebelumnya mengunjungi Kota Samarinda, rombongan studi komparatif Forkopimda Kabupaten Tanah Datar yang dipimpin langsung oleh Bupati Eka Putra, SE, MM berkunjung ke Kantor Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kota Balikpapan, Selasa (28/11)

Kedatangan Bupati dan rombongan disambut langsung oleh Deputi Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) di Bidang Sosial, Budaya dan Pemberdayaan Masyarakat Alimuddin, di aula kantor Otorita IKN Jl. Mulawarman, Balikpapan Timur, Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur.

Dalam sambutannya Deputi Bidang Sosbud dan Pemberdayaan Masyarakat Alimuddin, menyampaikan ucapan selamat datang sekaligus permintaan maaf kepada Bupati dan rombongan atas penyambutan yang kurang maksimal.

Selanjutnya, Alimuddin menjelaskan kepada Bupati dan rombongan bahwa saat pembangunan IKN sedang memasuki tahap yang sulit dengan berkembangnya dinamika politik di Tanah Air.

“Saat ini kami sedang menyiapkan mindset masyarakat lokal untuk ikut andil dalam pembangunan IKN, karena kami masyarakat daerah/lokal juga menyiapkan diri mereka agar kelak masyarakat disini tidak hanya menjadi penonton, namun mereka ada dan memiliki perannya masing-masing,” ujarnya.

Terkait hal tersebut, Alimuddin menjelaskan bahwa salah satu upaya Otorita IKN yang sedang dilakukan adalah memperbaiki kurikulum pendidikan anak-anak di Kalimantan, termasuk Pendidikan Profesi Guru (PPG) dan guru penggerak.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Eka Putra mengatakan bahwa kehadirannya bersama forkopimda dan rombongan lainnya ke Otorita IKN adalah sebuah bentuk dukungan oleh Pemda Tanah Datar.

“Atas nama Pemerintah Daerah tentunya kami harus mendukung penuh pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) disini. Dan ini kmi buktikan dengan langsung hadir disini hari ini bersama seluruh forkopimda,” ujarnya.

Kepada Deputi Otorita IKN, Bupati Eka Putra juga menanyakan ada tidaknya pembangunan kantor penghubung daerah dikawasan IKN nantinya. “Kalau instansi vertikal sudah pasti ada di pusat, namun kami yang dari daerah tidak punya. Jadi kami berharap nanti di kawasan IKN juga dibangun kantor penghubung daerah sehingga ini akan mempermudah urusan-urusan kami di IKN,” sampainya.

BACA JUGA :  Istano Basa Pagaruyung Analogi Kebesaran Masyarakat Minangkabau

Di kesempatan itu, Bupati Eka Putra juga memperkenalkan sekilas tentang kabupaten Tanah Datar yang merupakan pusat peradaban orang Minangkabau.

Setelah melakukan pertemuan dengan Deputi Otorita IKN Bidang Sosbud dan Pemberdayaan Masyarakat, Bupati dan rombongan juga menyempatkan waktu untuk melihat langsung proses pembangunan IKN di lokasi. (Dwi)