Diskominfo Bersama Wartawan Kota Bukittinggi Lakukan Study Best Practice Ke Diskominfosiktan Kota Pekanbaru

247

padangexpo.com (Bukittinggi)

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Pemko Bukittinggi laksanakan study best practice bersama wartawan se Kota Bukittinggi. Kunjungan pertama, dilakukan ke Dinas Komunikasi Informasi Statistik dan Persandian (Diskominfosiktan) Kota Pekanbaru.

Rombongan yang didampingi oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kadis Kominfo Suryadi, didampingi Kabid IKP, Ramon Arisa Putra, dan ketua PWI Bukitinggi, Ikhwan Salim. disambut oleh Kepala Dinas Kominfo Kota Pekanbaru, melalui Plt Sekretaris dan pelaksana harian (Plh) kepala bidang IKP Dinas Kominfo Kota Pekanbaru,  di Gedung Multimedia Balaikota Bandar Raya Tenayan, Kamis (23/11-23).

Plt Kadis Kominfo Suryadi menjelaskan, tujuan datang ke Pekanbaru sebagai study Best Practice Wartawan Kota Bukittinggi karena Perkembangan dan kemajuan Kota Pekanbaru. Kami merasa Perlu mempelajari cara dan teknik pengelolaan kerja sama dengan rekan pers.

Diskominfo Kota Bukittinggi membawa sebanyak 53 wartawan dan sejumlah pegawai dari Diskominfo sendiri. Kegiatan study best practice ini merupakan agenda tahunan yang dilakukan pemerintah kota bersama pers di Bukittinggi, untuk meningkatkan kualitas kerjasama antara Pemko Bukittinggi dengan para awak media.

“Tujuan study best practice ini, untuk menambah kompetensi serta wawasan para wartawan yang bertugas di Kota Bukittinggi. Selain itu, menambah referensi terkait sistem kerjasama Diskominfosiktan Pekanbaru,” jelas Suryadi.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi Informasi Statistik dan Persandian Kota Pekanbaru melalui Plt Sekretaris, Darma Alam Damanik, menyampaikan rasa bangga atas kunjungan rombongan wartawan bersama Dinas Kominfo Bukittinggi.

Memang, Kota Pekanbaru cukup banyak menjadi daerah tujuan kunjungan kerja dari daerah Sumatra Barat.

Diskominfosiktan Pekanbaru merupakan SKPD type A dengan 4 bidang. Terkait kerja sama media, sampai saat ini, kami mencatat ada 325 pewarta yang bekerjasama dengan kami. Para Pewarta inilah yang menjadi bagian dari perluasan informasi terkait program dan juga pelayan publik yang dijalankan pemerintah daerah,” ujar Darma Alam Damanik.

BACA JUGA :  Fraksi-Fraksi Sampaikan Pemandangan Umum Atas Hantaran Ranperda Perubahan ABPD Kota Bukittinggi Tahun 2020

Plh Kepala Bidang IKP Dinas Kominfo Kota Pekanbaru, Verdhira Dhinanti, menjelaskan proses perekrutan kerjasama dengan media, dilaksanakan melalui sistem aplikasi online dengan rentan waktu serta syarat administrasi yang telah ditetapkan bagi yang dapat diterima, media kerjasama akan di SK – kan.

Kami yang menentukan materi, rekan pers yang menjabarkan dengan gaya bahasa jurnalistik masing-masing mereka, hasil setiap advertorial itu dinilai Rp 2,5 juta, Kominfo punya redaktur sendiri untuk produksi berita. Beberapa SKPD pun juga memiliki sistem yang sama untuk dapat mengolah informasi menjadi sebuah berita yang baik dan disampaikan pada masyarakat,” jelas Verdhira. (fadhil)