Eka Putra :Jadikan Festival Ikan Bilih dan Manila Sebagai Momentum Perkenalkan Sumpu Lebih Luas

229

Padangexpo.com, Tanah Datar -Nagari Sumpu, Kecamatan Batipuh Selatan adalah salah satu Nagari yang dianggap mampu menyukseskan beberapa Program Unggulan (Progul) Pemerintah Kabupaten Tanah Datar.

Sebagaimana disebutkan Bupati Eka Putra, SE. MM. saat membuka secara resmi program unggulan Satu Nagari Satu Event yang bertajuk Pesona Sumpu, Festival Ikan Bilih Jo Manila, di Wisata Pemandian Perumahan Gaduang, Jorong Suduik, Jumat (17/11).

“Dipenyelenggaraan Progul satu nagari satu event ini, kita menyerahkan Kartu Indentitas Anak (KIA), yang berkaitan dengan Progul peningkatan pelayanan administrasi kependudukan dan pelayanan perizinan. Tidak disangka, seluruh penerima KIA adalah Hafidz dan Hafidzah dengan hafalan 1 hingga 4 Juz Al-Quran. Dari sinilah, kita menganggap nagari Sumpu adalah salah satu nagari yang mampu menyukseskan beberapa Progul Kabupaten Tanah Datar,” ujarnya.

Selain itu, Bupati Eka Putra mengatakan Nagari Sumpur memiliki potensi wisata yang sangat luar biasa. Maka dari itu, ia berharap seluruh pihak dapat berkolaborasi mempromosikan potensi yang ada di nagari Sumpu.

“Dipenyelenggaraan ini, seluruh potensi wisata nagari Sumpu dapat dinikmati, baik wisata alam, kuliner dan sebagainya. Kita berharap seluruh pihak dapat berpartisipasi untuk mempromosikannya, sehingga berdampak pada kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Tidak hanya itu, Bupati Eka Putra juga mengapresiasi segala bentuk inovasi yang dilakukan pemerintahan nagari Sumpu terhadap perkembangan wisata, sehingga mampu menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan domestik maupun mancanegara untuk berkunjung ke daerah tersebut.

“Inovasi demi inovasi dari nagari Sumpu sungguh menakjubkan, yang membuat para wisatawan domestik maupun mancanegara terpesona. Insha Allah, nagari Sumpu menjadi destinasi wisata kunjungan dari para wisatawan yang menghadiri Festival Pesona Budaya Minangkabau tahun 2023,” ujarnya.

Sementara itu, Wali Nagari Sumpu Fernando ST. Sati mengatakan pelaksanaan Pesona Sumpu Festival Ikan Bilih Jo Manila yang terselenggara di tanggal 17 sampai 18 November 2023 didukung seluruh lapisan masyarakat nagari Sumpur baik di ranah maupun di rantau.

BACA JUGA :  SRK ke Koto Baru, Bupati Paparkan Progul

“Penyelenggaraan Pesona Sumpur Festival Ikan Bilih Jo Manila, sangat berarti bagi masyarakat nagari Sumpu. Alhamdulillah, semua kebutuhan untuk menyelenggarakan kegiatan ini, terlaksana dengan baik, semua ini berkat dukungan seluruh lapisan masyarakat,” ujarnya.

Ia pun berharap segala potensi ditampilkan di Pesona Sumpu Festival Ikan Bilih Jo Manila menjadi momentum untuk memperkenalkan nagari Sumpur lebih luas lagi.

“Mudah-mudahan Pesona Sumpu Festival Ikan Bilih Jo Manila dapat memberikan dampak positif bagi nagari Sumpu. Kami berharap, potensi wisata yang ditampilkan di kegiatan ini, bisa memperkenalkan nagari Sumpu di nasional maupun mancanegara,” ujarnya.

Turut hadir pada saat itu, Ketua DPRD Tanah Datar Rony Mulyadi Dt. Bungsu, Bupati sisa masa jabatan 2020-2021 dan Wakil Bupati Tanah Datar Periode 2016-2021 H. Zuldafri Darma, SH, Anggota DPRD Tanah Datar Kamrita, S.Pd, beberapa Kepala OPD, Camat, Wali Nagari, Ninik Mamak, Bundo Kanduang, Tokoh Masyarakat Batipuh Selatan dan tamu undangan lainnya. (Dwi)