Eka Putra: Khatam Bukan Berarti Berhenti Membaca dan Mempelajari Al-Quran

112

Padangexpo.com, Tanah Datar-Bupati Tanah Datar Eka Putra menegaskan Pemerintah Daerah terus mendukung kegiatan keagamaan yang dilaksanakan di tengah masyarakat.

Pelaksanaan Khatam Al-Quran sebagai upaya mewujudkan misi Pemerintah Daerah (Pemda) dalam menjadikan Kabupaten Tanah Datar Madani berlandaskan Adat Basandi Syara, Syara Basandi Kitabullah (ABS SBK).

Sebagaimana yang disampaikan Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE. MM. saat membuka Khatam Al-Quran TPA Nurul Yakin, Jorong Koto Niu, Nagari Tanjung Bonai, Kecamatan Lintau Buo Utara, Minggu (5/11).

Bupati Eka Putra berharap kegiatan Khatam Al-Quran akan mendorong terbentuknya generasi cinta Al-Quran yang akan berdampak positif ditengah-tengah masyarakat.

“Kita menyakini, bahwa generasi yang mencintai Al-Quran, tidak akan pernah melakukan perbuatan negatif. Maka dari itu, dorong anak-anak dirumah, untuk terus mempelajari dan mengamalkan Al-Quran di kehidupan sehari-hari,” ujar Bupati Eka Putra.

“Saya menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas kerja keras panitia bersama pengurus masjid serta dukungan orang tua dan masyarakat sehingga pelaksanaan khatam hari ini bisa terlaksana, ” kata Eka Putra.

Lebih lanjut lagi, Bupati Eka mengungkapkan bahwa kegiatan keagamaan seperti khatam yang bertujuan untuk mempelajari dan memahami Al Qur’an sejalan dengan Program Unggulan Satu Rumah Satu Hafiz/hafizah.

“Belajar agama dan mendalami Al Qur’an mampu menjadikan generasi muda kita menjadi generasi yang tangguh, terutama dalam menghadapi perkembangan zaman dan teknologi saat ini yang terus merongrong mereka dari semua sisi dan lini. Al Qur’an lah yang menjadi benteng kehidupan mereka, ” sambungnya.

Karena itu, tambah Bupati Eka Putra, para santri yang khatam hari ini tidak berhenti untuk membaca dan mendalami isi kandungan Al Qur’an.

“Khatam bukan berhenti untuk membaca dan memahami Al Qur’an, namun menjadi momentum untuk meningkat lagi di masa datang, karena selain menjadi benteng, penghafal Al Qur’an selalu di lindungi Allah SWT. Karena itu juga saya sampaikan terima kasih atas bimbingan guru dan dorongan orang tua, Insya Allah semua akan dinilai ibadah dan dibalas pahalanya setimpal oleh Allah SWT, ” lanjutnya.

BACA JUGA :  Didikan Subuh Wadah Bentuk Sikap Disiplin, Silaturahmi dan Rasa Kebersamaan

Bupati Eka Putra menambahkan melalui salah satu Program Unggulan (Progul) Pemda Tanah Datar yakni Satu Rumah Satu Hafizh telah banyak lahir penghafal Al-Quran di daerah yang dikenal Luhak Nan Tuo ini.

“Pemda ada Progul Satu Rumah Satu Hafizh, siapa saja dirumahnya ada seorang Hafizh, telah ditandai dengan stiker. Kita menghimbau untuk terus mensukseskan Progul ini. Mudah-mudahan melalui Progul ini, terwujud generasi muda yang madani,” ujar Bupati Eka Putra. (Dwi)