FEBI Expo, Kegiatan Kolaborasi Antara Mahasiswa UIN dan Masyarakat Cubadak

254

Padangexpo.com, Tanah Datar -Kegiatan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Expo UIN Muhammad Yunus Batusangkar dengan tema Optimalisasi Kreativitas Mahasiswa FEBI Excellent Sebagai Enterpreneur yang Kreatif dan Bertalenta, Jum’at (17/11) resmi di buka oleh Dekan III Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan kerjasama, Dr. H. Alimin, Lc. M. Ag di lapangan Tabek Ganggam Nagari Cubadak, Limakaum. Dalam kata sambutannya, Alimin memberikan apresiasi yang luar biasa karena mendapatkan kesan atas kehadiran para tamu undangan dan para mahasiswa dan mahasiswi untuk kegiatan FEBI Expo ini.

“Alhamdulillah, dengan kehadiran para tokoh serta tamu undangan dari nagari Cubadak maupun dari UIN Muhammad Yunus Batusangkar ini merupakan kesan yang luar biasa bagi saya, karena ini bukti mendukung dan mensupport proses pendidikan yang telah mengawal dengan sabar dari nagari beberapa minggu ini agar kegiatan berjalan sukses dan lancar,” ujar Alimin.

Alimin juga mengingatkan kepada dosen dan mahasiswa UIN bahwa Nagari Cubadak juga punya kuliner khas seperti Randang Cubadak yang masuk kategori dalam penilaian panitia di kegiatan FEBI Expo tersebut.

“Dan hari ini, saya mewakili Rektor UIN Muhammad Yunus Batusangkar membuka secara resmi kegiatan ini dan terimakasih kepada seluruh elemen yang telah mendukung acara ini hingga berjalan lancar dan sukses,” pungkas Alimin.

Anggerno Perawito , Walinagari Cubadak dalam kata sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini masih berproses. Dan ini termasuk sukses pada saat ini.

“Saya juga termasuk alumni kampus UIN ini dulunya. Pada dasarnya sebagai alumni saya sangat bangga bisa kembali merasakan bagaimana pergerakan mahasiswa. Biasanya mahasiswa main di zona nyaman, hari ini telah keluar dari zona nyamannya. Out of the boxs. Luar biasa,” ujar Anggerno.

BACA JUGA :  Hadiri Grand Opening Gernas BBI, Wapres Ma’aruf Amin Serahkan Bantuan Mesin dan Dana Pada KWT Tomat Salimpaung

“Dan ini juga bagian dari Tri Darma Mahasiswa, pengabdian kepada masyarakat. Hari ini adalah cikal bakal pilot projek bagi kampus dan bagi kami masyarakat Cubadak untuk bekerjasama. Kami berharap ada dua hal yang akan di deklarasikan oleh kampus. Pertama yaitu jadikan Nagari Cubadak sebagai labornya kampus, pengabdian masyarakat, penelitian termasuk pembinaan. Karena tidak ada ruginya nagari Cubadak di bina. Yang ke dua kami akan deklarasi ramah terhadap mahasiswa. Kita akan lakukan program-program dimana intinya mahasiswa yang berdomisili di sini akan kita jaga dengan pola dimana mereka akan merasa nagari ini punya mereka,” papar Walinagari Cubadak tersebut.

Indra Gusdianto, selaku Ketua panitia acara FEBI Expo ini menyampaikan rasa terimakasihnya kepada seluruh masyarakat yang telah bersama-sama dalam persiapan FEBI Expo ini.

“Juga terimakasih kepada instansi pemerintah yang telah membantu kami dalam mempersiapkan acara kegiatan ini. Kegiatan FEBI EXPO tahun 2023 yang dilaksanakan dari tanggal 17-19 November 2023 di Tabek Ganggam ini, yang mana kepanitiaan kami berjumlah 50 orang dalam kegiatan ini di danai oleh sponsor yang bersedia bekerja sama dengan kami yaitu Kahf by. U gni Batusangkar, wardah swalayan 90, kantor penilai jasa penilai publik abdullah firiantoro dan rekan,” papar Indra.

Kegiatan febi expo ini bertemakan optimalisasi kreativitas mahasiswa febi excellent sebagai enterpreneur yang kreatif dan bertalenta yang mencakup kegiatan-kegiatan penampilan silek tari stand up solo, song pemeran stand expo, pemeran stand enterpreneur, lanjutnya.

“Tujuan dari kegiatan FEBI EXPO ini adalah sebagai berikut:
a. Untuk memperkenalkan dan mempromosikan Program Studi yang ada di
FEBI kepada masyarakat, terutama kepada para calon mahasiswa.
b. Untuk memberikan kesempatan bagi para mahasiswa untuk
mempresentasikan hasil karya seni mereka.
c. Untuk Menampilkan potensi dan prestasi yang telah dicapai oleh Fakultas
Ekonomi dan Bisnis Islam kepada masyarakat luas, termasuk di dalamnya
dunia industri maupun bisnis.
d. Untuk membuka peluang kerjasama antara Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Islam UIN Mahmud Yunus Batusangkar dengan Institusi lain, seperti
perusahaan, organisasi, dan lembaga pemerintah.
e. Untuk menumbuhkan kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap isu-isu
ekonomi dan bisnis yang sedang berkembang, seperti ekonomi kreatif,
perdagangan internasional, dan lain sebagainya.
f. Untuk memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat mengenai
berbagai aspek ekonomi dan bisnis, seperti manajemen keuangan, investasi,
dan pasar modal,” sambungnya.

BACA JUGA :  Apresiasi Terhadap Kader PPKBJ dan Sub PPKBJ, Bupati Akan Naikkan Transportasi dan Berikan Seragam Baru

Terakhir, ia berharap semoga dengan adanya kegiatan FEBI EXPO ini dapat meningkatkan kreatifitas Seluruh Lembaga Kemahasiswaan yang ada Di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam sehingga dapat dimanfaatkan dimasa sekarang maupun dimasa mendatang,” tutup Indra Gusdianto.

Sementara itu, Fhodlan Hazzahry, Ketua Umum DEMA FEBI menambahkan bahwa kegiatan FEBI Expo ini sudah berlangsung sejak tahun 2021.

“Namun untuk kegiatan kali ini kami laksanakan di Tabek Ganggam yang biasanya kami laksanakan di kampus kami. Dan kali ini kenapa kami laksanakan di out door, untuk mengekspose kepada masyarakat apa yang ada di kampus kami. Silahkan di lihat pada apa yang sudah di pajang dan di pamerkan pada stand-stand enterpreneur yang ada pada kegiatan ini. Besar harapan kami kegiatan ini dapat berkolaborasi dengan masyarakat,” tutur Fhodlan Hazzahry.

Pada kegiatan ini juga di hadiri oleh Walinagari Cubadak, Anggerno Perawito serta perangkat nagarinya, Ketua KAN dan BPRN Nagari Cubadak, para Dosen dan Dekan UIN Muhammad Yunus Batusangkar, Babinkamtibmas Polsek Limakaum, Mahasiswa/i dari berbagai fakultas serta tokoh masyarakat, pemuda dan Bundo Kanduang dari Nagari Cubadak. (Dwi)